HONDA

Antisipasi Kasus Baru Covid-19 di Bengkulu

Antisipasi Kasus Baru Covid-19 di Bengkulu

BENGKULU - Jumlah kasus harian Covid-19 mendekati angka nihil. Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan  tetap perlu dilakukan upaya antisipasi untuk menekan adanya potensi penambahan kasus baru. Mengingat, melihat dari pengalaman sebelumnya lonjakan kasus Covid-19, banyak dipicu mulai abainya masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Jangan sampai terulang, jadi kita terus ingatkan agar semua disiplin menerapkan protokol kesehatan. Disamping, juga gencar melakukan vaksinasi," kata Herwan, kemarin.

Dijelaskannya, dari data Satgas Pencegahan Covid-19 Provinsi Bengkulu, kemarin ada 2 kasus baru. Sehingga total keseluruhan kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai 23.082 kasus. Sementara itu, untuk pasien sembuh kemarin bertambah 4 pasien sembuh. Jadi keseluruhannya mencapai 22.616 orang pasien yang dinyatakan sembuh.

"Saat ini masih ada 48 pasien covid-19, berjuang sembuh. Dan mereka ini kita melalui tim medis terus melakukan pemantauan," papar Herwan.

Kemudian, untuk pasien yang dinyatakan meninggal ada 402 orang. Dimana, pasien yang dinyatakan meninggal dunia ini, rata rata memiliki penyakit penyerta atau komobid. Juga di dominasi oleh pasien Covid-19 yang berusia senja, diatas 50 tahun.

"Kalau untuk pasien meninggal, sekarang di angka 1,75 persen dari jumlah kasus konfirmasi," imbuhnya.

Sementara itu, untuk capaian vaksinasi saat ini sudah ada 471.363 orang di Provinsi Bengkulu telah menerima suntikan vaksin. Dengan jumlah ini, untuk bcapaian vaksinasi masih diangka 30,34 persen untuk dosis pertama. Padahal, Provinsi Bengkulu memiliki 1.553.792 orang sebagai sasaran vaksinasi.

"Kita terus dorong, realisasi vaksinasi ini. Agar bisa mencapai target 70 persen dari jumlah sasaran vaksinasi," jelas Herwan.

Vaksinasi

Berdasarkan data dari situasi cakupan vaksinasi covid-19 Provinsi Bengkulu per tanggal 17 Oktober 2021 diketahui jika capaian vaksinasi terus meningkatan. Ia menjelaskan hal ini merupakan hasil dari meningkatkan permintaan masyarakat untuk divaksin.

"Kita pastikan, untuk vaksin saat ini masih cukup stok nya. Juga terus berkoordinasi dengan pusat, agar diberikan tambahan vaksin," ucap Herwan.

Ditambahkan, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jaduliwan bahwa untuk capaian vaksinasi terkini, diketahui bahwa capaian vaksinasi paling besar ada di Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah. Dimana untuk Kota Bengkulu, untuk dosis pertama mencapai 55,22 persen. Kemudian, dosis kedua mencapai 35,12 persen. Dan dosis ketiga, mencapai 0,83 persen. Sementara itu, untuk Bengkulu Tengah, dosis pertama mencapai 42,23 persen. Dosis keduanya diangka 22,59 persen dan dosis ketiga mencapai 0,57 persen.

"Daerah yang capaian vaksinasi masih rendah. Agar mengebut, jangan menunda-nunda untuk distribusikan vaksin," ajak Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu ini. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: