HONDA

Gelontorkan Rp 188 Juta, YBM S2JB Bantu Green House Hidroponik

Gelontorkan Rp 188 Juta, YBM S2JB Bantu Green House Hidroponik

JAKARTA, rakyatbengkulu.com – Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN kembali menjejak manfaat di Kabupaten Kepahiang. Bertempat di Pesantren Madinatul Ilmi, Rabu (22/12), YBM PLN menyerahkan bantuan.

Adapun bantuan senilai Rp 188,3 juta itu berupa satu unit bangunan instalasi media hidroponik, pembibitan sayur serta 10 ribu bibit ikan. Dengan bantuan ini, harapannya santri yang belajar di pesantren yang terletak di Desa Weskust.

Pesantren, selain merupakan tempat belajar agama, diharapkan juga bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar pondok dengan menyediakan bibit tanaman buah dan sayur yang bisa dikembangkan warga.

Jika selama ini keberlangsungan pesantren harus menunggu uluran bantuan pihak lain, maka dengan adanya instalasi hidroponik, bibit pertanian serta kolam ikan dari YBM, maka proses kemandirian pesantren akan terintegrasi dan diharapkan berlangsung secara terus menerus.

Selain acara peresmian instalasi hidroponik, pada kesempatan tersebut YBM PLN juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu berupa pemberian beasiswa uang kuliah tunggal (UKT) untuk 40 mahasiswa dengan nilai Rp 62,5 juta per semester.

Dalam sambutannnya Bupati Kepahiang yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Hernawan menyampaikan apresiasinya terhadap bantuan yang diberikan. “Semoga bantuan ini bisa menjadikan pesantren lebih mandiri dan bermanfaat bagi warga sekitarnya, karena bibit sudah bisa di semai oleh santri-santrinya. Kedepannya pesantren bisa bekerjasama dengan dinas pertanian untuk pengadaan bibitnya,” kata Hernawan.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Rektor I IAIN Bengkulu Dr. Samsudin, M.Pd menyampaikan hal yang sama terutama atas perhatian YBM PLN kepada IAIN Bengkulu dalam menjalankan program beasiswa Cahaya Pintar. “Tentu ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang terdampak pandemi. Dengan beasiswa ini tentu menjadi secercah harapan bagi mahasiswa yang nantinya menerima,” ujar Samsudin.

Ketua YBM PLN UIW S2JB H. Kgs Fauzi menjelaskan bahwa YBM merupakan Lembaga amil zakat yang mengelola dana zakat dari para karyawan muslim PLN di seluruh Indonesia yang setiap bulannya gaji mereka di potong 2,5%. Pada tahun 2021 ini YBM PLN memiliki 2 program utama yaitu di pilar pendidikan dan juga ekonomi.

Di pilar pendidikan YBM memiliki program yang bernama beasiswa cahaya pintar (BCP). “Selain memberikan beasiswa, dibidang ekonomi YBM akan melakukan program-program pemberdayaan yang berkelanjutan seperti saat ini kami memberikan bantuan media hidroponik. Semoga dengan bantuan ini dapat membantu keberlangsungan pesantren dan perekonomian dari warga disini,” ujarnya.

Hadir juga dalam acara penyerahan bantuan tersebut unsur forkopimda Kabupaten Kepahiang, warga penerima bantuan bibit, pengurus dan juga amilin YBM PLN UP3 Bengkulu. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: