HONDA

Dana Desa di 32 Desa Jadi Temuan

Dana Desa di 32 Desa Jadi Temuan

 

SELUMA, rakyatbengkulu.com - Hasil audit reguler dana desa (DD) di 32 desa di Kabupaten Seluma, rata-rata ditemukan kelebihan bayar total mencapai Rp 80 juta.

Audit ini sampel desanya diambil secara acak dari 182 desa di Kabupaten Seluma. BACA JUGA: Geber Kasus Dugaan Korupsi Pertambangan, Pemilik IUP Dicecar Polisi

Kepala Inspektorat Kabupaten Seluma Deddy Ramdhani, SE, ME, MA menyebutkan 32 desa itu masih belum disiplin dalam membuat laporan pertanggungjawaban. Seharusnya kewajiban setiap desa setiap tanggal 10 di bulan berikutnya, sudah harus tutup buku.

"Sebenarnya masing-masing desa itu kan ada pendamping, mungkin peran pendampingnya yang belum maksimal karena masih banyak desa yang masih ada temuan," ungkapnya.

Lanjutnya, meski dari sisi kelebihan  bayar tidak terlalu signifikan, tim auditor seharusnya setiap ada pekerjaan fisik, volumenya wajib diukur dan disesuaikan dengan realisasi.

"Ini yang terkadang di level desa SDM itu belum sampai. Sebenarnya yang lebih kami soroti itu peran pendamping desa karena harus maskimal lagi. Karena terkait pengelolaan keuangan sebenarnya di desa itu sudah bagus tapi belum tertib dan disiplin," jelasnya.

Selain itu, kades juga dituntut lebih disiplin dalam menerapkan setiap penerimaan dan pengeluaran setiap bulannya, termasuk sisa uang anggaran desanya.

"Nah disiplin ini yang belum banyak yang mereka terapkan. Seandainya Perbup tentang Pengelolaan Keuangan Desa benar-benar diterapkan, insya Allah hal-hal tersebut bisa diminimalisir.

Sebenarnya tidak terlalu banyak tahun ini yang berhasil kita selamatkan dari total keseluruhan desa yang diaudit yang kelebihan bayar hampir Rp 80 juta," kata Dedy Ramdhani, SE, ME MA.

Ia mengatakan, temuan kelebihan bayar diharapkan langsung ditindak lanjuti oleh 32 desa tersebut.  

SPj Belum Lengkap

Dirinya tidak merincikan desa mana saja yang menjadi temuan dan berapa jumlah temuan di setiap desa itu.

"Alhamdulilah dari 32 desa semua langsung ditindak lanjuti," ujar Dedy.

Tidak hanya temuan kelebihan bayar saja, ada juga temuan administrasi.

"Temuan administrasi untuk angka total saya lupa, tapi administrasi sifatnya  SPj belum lengkap," jelasnya. (juu)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: