HONDA

Semalam di Semaku, Lestarikan Budaya, Bangkitkan Geliat Pariwisata

Semalam di Semaku, Lestarikan Budaya, Bangkitkan Geliat Pariwisata

MANNA, rakyatbengkulu.com - Dalam mempererat tali silaturahmi warga Seluma, Manna, Kaur (Semaku), yang bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Ikatan Keluarga Seluma Manna Kaur (Ika Semaku) menggelar kegiatan Semalam di Semaku, dalam rangka melestarikan budaya dan membangkitkan geliat pariwisata.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA yang membuka acara ini, Jumat malam (6/5) mengatakan, Semalam di Semaku sekaligus merupakan ajang silaturahmi.

Dibalut dalam kegiatan halal bihalal tokoh Semaku dan jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu serta Kabupaten Semaku. Selain itu, pentas seni dan budaya yang mengusung tema Kreasi Seni Budaya Semaku dilaksanakan dalam rangka melestarikan budaya dan membangkitkan geliat pariwisata Provinsi Bengkulu.

Terkhusus pariwisata dan budaya di tiga wilayah yakni Kabupaten Seluma, Manna dan Kaur.

Dalam kegiatan tersebut Gubernur Bengkulu selaku Pembina Ika Semaku, mengimbau agar dengan kegiatan tersebut dapat melestarikan budaya.

Dalam sambutannya, Gubernur mengapresiasi malam ramah tamah yang digelar di Gedung Pemuda Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sebab menurut Gubernur, Ika Semaku merupakan rumah bagi seluruh masyarakat khususnya Seluma, Manna dan Kaur.

Bahkan, Gubernur juga berharap dengan digelarnya kegiatan ini, rasa kebersamaan pada rumpun Semaku bisa menjadi lebih erat.

“Saya sangat senang kita bisa bersilaturahmi bersama, apalagi kita sempat dihantam pandemi Covid-19, sehingga berkumpul bersama seperti ini menjadi sangat sulit, dan kita harus jadikan Ika Semaku ini sebagai rumah bersama,” kata Rohidin.

Di sisi lain, Ketua Ika Semaku yang juga General Manager RBTV, Pihan Pino mengucapkan terima kasih kepada para hadirin.

Kehadiran Ika Semaku di tengah masyarakat diharapkan bisa meningkatkan kecintaan terhadap budaya dan wisata.

“Sesuai dengan tema, Lestarikan Budaya Bangkitkan Wisata maka kita harus mendukung semua kegiatan yang berhubungan dengan budaya dan wisata,” kata Pihan Pino.

Dirinya berharap ke depan kegiatan semalam di Semaku dapat terus berlanjut demi melestarikan budaya dan membangkitkan wisata Semaku.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ke depan budaya Semaku dapat terus lestari dan wisata terus bangkit,” harap Pihan.

Selain itu, pada kegiatan ini Kabupaten Seluma, Manna dan Kaur juga diberikan kesempatan untuk menampilkan kreasi berupa lagu daerah hingga tarian khas masing-masing kabupaten.

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa’i Tajuddin dan Ketua DPRD Bengkulu Selatan Barli Halim, serta jajaran Pemprov Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Hadir pula unsur Forkopimda Bengkulu Selatan, juga mantan Bupati Bengkulu Selatan Reskan Effendi, tokoh adat serta tokoh masyarakat. (anggi/gik/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"