HONDA

PPDB Bengkulu Tengah, Ada 3 SMA Tanpa Pendaftar

PPDB Bengkulu Tengah, Ada 3 SMA Tanpa Pendaftar

Panitia PPDB di SMAN 1 Benteng melakukan pemeriksaan berkas calon siswa baru.--

BENTENG, rakyatbengkulu.disway.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMAN di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk pendaftaran jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan sudah ditutup.

Dari penerimaan tiga jalur tersebut, ada tiga SMAN yang tidak ada pendaftar dari jalur prestasi dan perpindahan. Untuk diketahui kuota penerimaan jalur afirmasi sebanyak 15 persen dari total penerimaan, jalur prestasi 25 persen, dan jalur perpindahan 5 persen.

Jika ditotalkan dari tiga penerimaan tiga jalur tersebut, jumlah penerimaan siswa sebanyak 45 persen dari total penerimaan.

BACA JUGA:768 Calon Siswa Tak Lulus PPDB

Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah VII Benteng, Bambang Erawan, S.Sos mengatakan, tiga sekolah yang tidak ada pendaftar jalur prestasi dan perpindahan orangtua yakni SMAN 4, SMAN 6 dan SMAN 7.

Sedangkan sekolah yang tidak ada pendaftar jalur perpindahan ada lima sekolah yaitu SMAN 1, SMAN 2 SMAN 4, SMAN 6 dan SMAN 7.

Namun apabila ditotalkan secara keseluruhan, dari tiga jalur yang sudah dilaksanakan pendaftarannya, tidak ada satupun SMAN di Kabupaten Benteng yang memenuhi kuota 45 persen tersebut.

“Banyaknya kuota yang tidak terisi dari tiga jalur tersebut, semua sekolah telah mengusulkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu untuk dialihkan ke penerimaan jalur zonasi. Jadi mengatasi kekosongan dan kekurangan siswa, sisa kuota PPDB di setiap SMAN dipindahkan ke jalur zonasi. Sehingga daya tampung di setiap SMAN bisa terisikan 100 persen,” jelasnya.

BACA JUGA:PPDB Jalur Prestasi, 2 SMA Tak Ada Peminat

Dari tujuh SMAN yang ada di Kabupaten Benteng, total kuota penerimaan secara keseluruhan sebanyak 1.360 orang dengan jumlah rombongan belajar (rombel) atau kelas sebanyak 39 kelas. Untuk di SMAN 1, total kuota penerimaan siswa baru sebanyak 340 orang untuk sembilan kelas, SMAN 2 kuota penerimaan siswa baru sebanyak 170 orang untuk lima kelas, SMAN 3 kuota penerimaan sebanyak 306 anak untuk sembilan kelas.

Selanjutnya, SMAN 4 kuota penerimaan sebanyak 170 orang untuk lima kelas, SMAN 5 kuota penerimaan sebanyak 204 orang untuk enam kelas.

Selanjutnya SMAN 5 dengan kuota penerimaan sebanyak 102 anak untuk tiga kelas dan yang terakhir SMAN 7 kuota penerimaan sebanyak 68 siswa untuk dua kelas.

Setelah dibuka sejak (1/7), hari ini (5/7) merupakan hari terakhir pendaftaran melalui jalur zonasi di tujuh SMAN di Kabupaten Benteng.

BACA JUGA:Daftar PPDB, Cukup Gunakan SKL

Dengan ditutupnya penerimaan jalur zonasi ini, maka untuk PPDB jalur SMA di Kabupaten Benteng juga akan berakhir. Untuk diketahui penerimaan jalur zonasi ini kuota yang diterima sebesar 55 persen dari total keseluruhan kuota sekolah.

“Kami berharap semua kuota penerimaan yang dibuka oleh setiap sekolah mampu terisi 100 persen. Sehingga tidak terjadi lagi adanya sekolah yang tidak terpenuhi kuota. Seringnya terjadi kuota tidak terpenuhi disetiap sekolah karena banyaknya siswa SMP/MTs di Kabupaten Benteng yang memilih sekolah diluar Benteng,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: