HONDA

Kabar Baik Bagi Petani, Harga Sawit di Mukomuko Merangkak Naik

Kabar Baik Bagi Petani, Harga Sawit di Mukomuko Merangkak Naik

Tandan buah segar kelapa sawit milik petani di Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko, Jumat (27/8/2021).--ANTARA/Ferri

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID - Kabar baik bagi petani di Kabupaten Mukomuko. Setelah sempat anjlok, saat ini harga sawit di Mukomuko mulai merangkak naik.

Naiknya harga sawit yang dibeli oleh pabrik di Mukomuko ini kemungkinan karena dipengaruhi oleh lelang harga CPO Karisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) tanggal 14 Juli 2022 adalah Rp8.000 per kilogram.

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang dibeli oleh sebagian besar pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, merangkak naik sejak sepekan terakhir.
 
“Harga buah kelapa sawit mulai merangkak naik. Hari ini sebagian besar pabrik menaikkan harga pembeliannya sebesar Rp50 hingga Rp100 per kg,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat (15/7/2022).
 
 
Ia mengatakan hal itu setelah menerima perkembangan harga tandan buah segar kelapa sawit dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.
 
Ia berharap, semua pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini kembali membeli TBS kelapa sawit milik petani di daerah ini dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.
 
Dia mengatakan, harga sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi naik dari sebesar Rp800 per kg menjadi Rp880 per kg, harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri naik dari sebesar Rp850 per kg menjadi Rp1.050 per kg.
 
Harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas  naik dari sebesar Rp920 per kg menjadi Rp970 per kg.
 
 
Harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari naik dari sebesar Rp940 per kg menjadi Rp990 per kg, harga sawit di PT Daria Dharma Pratama naik dari sebesar Rp940 per kg menjadi Rp990 per kg.

Lalu harga TBS sawit di PT Karya Agro Sawitindo naik dari sebesar Rp920 per kg menjadi Rp970 per kg, dan harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit naik dari sebesar Rp1.000 per kilogram menjadi Rp1.050 per kg.
 
Lalu, harga sawit di PT Surya Andalan Primatama sebesar Rp830 per kg, harga sawit di PT Bumi Mentari Karya naik dari sebesar Rp1.000 pet kg menjadi Rp1.080 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antaranews.com