HONDA

Kalian Ingin Sukses, Budidaya Lele Bisa jadi Solusi, Permintaan Pasar Terus Meningkat

Kalian Ingin Sukses, Budidaya Lele Bisa jadi Solusi, Permintaan Pasar Terus Meningkat

Kalian Ingin Sukses, Budidaya Lele Bisa jadi Solusi, Permintaan Pasar Terus Meningkat--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Lele ikan air tawar kini banyak peminatnya. Selain kaya akan nutrisi yang layak dikonsumsi, lele juga bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kenapa lele diminati? Kamu harus tahu lele mengandung 105 kalori, 3 gram lemak dan 18 gram protein. 

Itulah kenapa peluang ternak lele sangat besar, seiring dengan permintaan pasar yang terus meningkat. Sementara memelihara lele untuk pemula tidaklah sulit, karena bibit lele mudah didapat dan mudah perawatannya. Asalkan kamu konsisten dan serius melakukannya, tentu akan berhasil. Umumnya budidaya ikan lele dilakukan di kolam semen atau terpal. 

BACA JUGA:Ternak Lele dengan Ember Bekas, Hasilnya Menjanjikan

Namun bagi mereka yang memiliki lahan terbatas, memelihara lele di dalam ember jadi pilihan yang menarik dan menggiurkan. Sementara harga bibit ikan lele berkisar antara Rp350 hingga Rp 650 per ekor.

Sementara harga jualnya kisaran Rp 18.000 ke atas per kilogram bila dijual ke pengepul. Bila dijual langsung ke pasar bisa Rp 22.000 sampai 23.000 per kilogram.

BACA JUGA:Ngeri! 5 Weton dengan Khodam Harimau Putih: Keajaiban dan Karakteristiknya

Bila ingin beternak lele harus, beberapa hal yang perlu disiapkan seperti kecukupan dana, pemilihan lokasi yang strategis, kesiapan sumber daya manusia dan pertimbangan dampak lingkungan.

Mengingat limbah yang dihasilkan dari budidaya lele dapat diatasi, lama kelamaan menimbulkan bau anyir yang menyengat dan dikhawatirkan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. 

BACA JUGA:Dahsyat! Tenor 2 Tahun Cukup Bayar 6 Kali, Cek Di Sini KUR Super Mikro BSI Metode Angsuran Periodic

Kamu bisa membuat kolam lele dari bahan terpal, ember atau semen yang ukurannya bisa disesuaikan. Sebenarnya penggunaan kolam tanah pun boleh, asalkan tidak mengandung mikroorganisme asing dalam tanah yang dapat merusak bibit lele.

Kemudian perhatikan juga permukaan kolam harus lebih dalam, agar sinar matahari tidak menembus ke dalam kolam. Sebab akan menyebabkan ikan kepanasan bahkan sampai mati. Suhu air yang dianjurkan pada kolam lele adalah 20-28 derajat Celcius dan ingat untuk menambahkan garam krosok guna menyeimbangkan pH air dan mencegah tumbuhnya jamur. 

BACA JUGA:Ditakuti Para Dukun, Rahasia Weton yang Dinaungi Khodam Terkuat

Setelah garam tercampur, lanjutkan pemberian starter molase, yang mencegah pertumbuhan alga biru-hijau yang dapat meracuni ikan, sambil menambahkan suplemen ikan. Setelah kolam dan unsur pendukung lainnya sudah siap, diamkan selama 5 hari agar lumut atau fitoplankton dapat tumbuh secara alami.

Seorang pembudi daya lele pemula juga perlu tahu jenis-jenis benih yang berkualitas untuk menghasilkan lele terbaik. Salah satu ciri ikan lele berukuran besar adalah lele jantan dengan perut yang tipis dan kepala yang rata. Biasanya berwarna lebih gelap, gerakannya lincah dan alat kelaminnya lancip. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"