HONDA

Jangan Buang Ampas Teh, Bisa untuk Mencegah Penuaan, Meredakan Jerawat dan Pupuk Kompos

Jangan Buang Ampas Teh, Bisa untuk Mencegah Penuaan, Meredakan Jerawat dan Pupuk Kompos

Jangan Buang Ampas Teh, Bisa untuk Mencegah Penuaan, Meredakan Jerawat dan Pupuk Kompos--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Minuman teh punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ampasnya juga punya segudang manfaat yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan. Sebaiknya jangan buang ampas teh yang sudah diseduh, karena tetap bisa memberi banyak manfaat untuk kita.

Pada umumnya ampas teh akan dibuang, jika tidak lagi menghasilkan rasa yang kuat. Ampas berupa  daun teh yang diseduh maupun kantong teh, seringkali dibuang begitu saja. Faktanya, ampas teh masih bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah.

Manfaat teh masih bisa didapat dari sisa teh ini seperti sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas. Ampas kantos teh teh dapat digunakan sebagai masker atau untuk membantu proses pengelupasan kulit dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Simak ulasannya berikut.

BACA JUGA:Dibangun Belanda, Kebun Teh Kabawetan Ramai Saat Hari Libur, Pemandangan Sejuk dan Segar

Pertama, ampas teh bisa digunakan untuk membersihkan noda lemak di piring. Rendam bekas kantong teh di westafel yang berisi alat masak atau makan yang berlemak semalaman. Guna menghilangkan sisa lemak dan kemudian gosok menggunakan sabun.

Kedua, ampas teh bisa membantu meredakan jerawat. Kulit terbakar atau gigitan serangga mudah disembuhkan menggunakan membasahi kantong teh dan tempelkan ke area jerawat atau luka hingga kantong teh mengering.

Ketiga, merawat rambut. Caranya seduh bekas kantong teh, lalu biarkan dingin dan oleskan setelah keramas dengan sampo dan kondisioner, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air.

BACA JUGA:Unik! Kota Barrow Kehilangan Matahari 67 Hari, Pikir 2 Kali Jika Ingin Liburan ke Sini

Keempat, mengilangkan kantung mata. Kafein yang merupakan kandungan teh dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata.

Tanin dalam teh dapat mengurangi mata yang bengkak dengan cara memasukkan bekas kantong teh ke lemari pendingan selama 10-20 menit kemudian tempatkan di mata.

Kelima, cegah penuaan. Teh hijau dengan vitamin B dan vitamin E penting untuk kesehatan kulit. Vitamin B dapat menjaga produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Karena kolagen merupakan salah satu senyawa utama dalam produk anti-penuaan. Vitamin E dapat mendorong regenerasi sel. Dimana vitamin E bisa melembakan dan menyehatkan kulit.

BACA JUGA:Hebat dan Perkasa! Weton dengan Khodam Raja Macan Paling disegani

Keenam, sebagai pupuk kompos. Salah satu kandungan teh adalah nitrogen dan kafeein yang cukup tinggi. Kedua senyawa tersebut dapat membantu menyuburkan tanaman. 

Nah setelah kamu tahu manfaatnya, jangan buang ampas teh. Manfaatkan sesuai kebutuhan kamu. Ada kalanya kita perlu menggunakan sisa-sisa ampas teh untuk kebutuhan sehari-hari.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: