HONDA

5 Cara Mengetahui Bibit Kelapa Sawit Berkualitas, Hasil Maksimal dan Berbuah Lebat

5 Cara Mengetahui Bibit Kelapa Sawit Berkualitas, Hasil Maksimal dan Berbuah Lebat

Hasil maksimal dan berbuah lebat, ini 5 cara mengetahui bibit kelapa sawit berkualitas.--Foto: Facebook/Edhietekad

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Mengenali bibit kelapa sawit yang berkualitas sedari awal merupakan salah satu faktor penting di dalam berkebun sawit. 

Tentu saja Anda tidak ingin sia-sia pada saat berkebun kelapa sawit. Apalagi bila sudah menunggu 3 sampai 4 tahun sejak bibit ditanam, ternyata kelapa sawit yang dinanti malah buahnya tidak sesuai dengan harapan.

Untuk mendapatkan kelapa sawit yang berbuah lebat, diawali dengan menanam bibit kelapa sawit yang berkualitas. Adapun cara mengenali bibit kelapa sawit yang  berkualitas, khususnya bibit yang sudah tumbuh, simak berikut ini:

BACA JUGA:Multiguna! Ini 4 Alasan Minyak Kelapa Sawit Menjadi Unggulan di Dunia, Manfaat dan Kegunaan

1. Bentuk Tunas Kecambah Biji Kecil

Untuk ukuran biji kelapa sawit yang unggul memiliki biji yang tidak terlalu kecil, berbentuk lonjong dan tidak terdapat lubang. 

Adapun bibit kelapa sawit yang baik memiliki bentuk kuncup yang baik, kuncup normal dan warna putih bersih. Jangan memilih bibit yang cacat dengan ciri-ciri pucuk daunnya hitam kecokelatan, layu dan terlihat jamur.

2. Bentuk Batang dan Daun

Untuk ukuran batang 1/3 maka akan kuat ketika ditanam, dikarenakan calon akar dan bibit yang tidak sesuai ukuran tidak dapat tumbuh optimal dengan ukuran radikula yang panjang. 

Pembentukan anak daun yang baik merupakan salah satu ciri benih unggul, harus dipastikan benih yang dipilih mempunyai daun normal yang lebar, tidak keriput, dan tidak pucat.

BACA JUGA:Ingat! Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Berinvestasi ke Kebun Sawit

3. Tempurung Bibit Sawit

Harus dipastikan keadaan tempurung bibit kelapa sawit ini berwarna hitam gelap, tanpa serat jamur dan juga tanpa retakan. 

Karena hal ini retakan pada cangkang benih kelapa sawit sangat mempengaruhi pertumbuhannya setelah ditanam, cangkang yang licin adalah yang terbaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: