BANNER KPU
HONDA

Phubbing, Perilaku Sosial Negatif yang Secara Tidak Sadar Mempengaruhi Generasi Milenial

Phubbing, Perilaku Sosial Negatif yang Secara Tidak Sadar Mempengaruhi Generasi Milenial

Secara tidak sadar phubbing mempengaruhi generasi milenial melakukan perilaku sosial negatif. --Foto: Freepik.com/Shurkin_son

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Di zaman yang semakin modern saat ini, sifat dan juga perilaku manusia mengalami perubahan yang cukup signifikan, terutama bagi generasi milenial.

Adapun perubahan perilaku ini terjadi pada saat sekelompok teman yang harusnya saling berbicara akrab, namun ada saja yang memainkan smartphonenya sampai-sampai tidak mempedulikan terhadap temannya yang sedang mengobrol. Perilaku ini disebut phubbing

Mungkin istilah ini kedengarannya masih asing di telinga kita tetapi sebenarnya sering  kita jumpai pada kehidupan sehari-hari.

Istilah phubbing ini adalah singkatan dari phone snubbing, yang merupakan tindakan yang kurang peduli terhadap lawan bicara ataupun di lingkungan sosialnya dan hanya fokus saja bermain smartphone.

BACA JUGA:Daya Tarik Batu Akik Pink Ruby Lebong, Harga Jual Mencapai Rp3 Juta

Pada 11 tahun yang silam, atau tepatnya di bulan Mei 2012 para ahli bahasa, sosiolog, dan budayawan berkumpul di Sidney University. 

Dari hasil pertemuan ini melahirkan satu kata baru dalam tata bahasa Inggris. Kata tersebut adalah phubbing. 

Saat ini kata phubbing secara resmi sudah dimasukkan ke dalam kamus Bahasa Inggris di berbagai negara. 

Hingga saat ini bahasa Indonesia belum mempunyai kata serapan dari kata phubbing ini. Padahal kita sendiri sering berbuat phubbing. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smart TV Terbaik 2023 yang Memiliki Layar Besar

Contohnya ketika berbicara dengan petugas teller di bank, secara tidak sadar tangan kita sambil memainkan gadget. 

Pada saat menemani anak-anak dalam mengerjakan tugas sekolah misalnya, setiap satu menit sekali kita melirik layar smartphone melihat kalau ada notifikasi yang masuk.

Bahkan disaat momen makan berdua di restoran bersama istri ataupun orang tercinta, fenomena yang terjadi sekarang smartphone diletakkan sedekat mungkin pada sisi kita dan mampu menyela obrolan apapun ketika ada suara pesan dari media sosial. 

BACA JUGA:Hah! Hanya 2 Kali Presiden Soeharto ke Bengkulu: Ini Daftar Proyek yang Diresmikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: