HONDA

Ini Alasan Mobil Listrik yang Diproduksi Indonesia Dijual Murah di Thailand

Ini Alasan Mobil Listrik yang Diproduksi Indonesia Dijual Murah di Thailand

Mobil listrik yang diproduksi Indonesia dijual murah di Thailand, ternyata ini alasannya.--Foto: Ilustrasi Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dunia otomotif kendaraan listrik sedang gencar-gencarnya diproduksi pada saat ini. 

Berbagai produsen mobil listrik berlomba-lomba memproduksi jenis-jenis mobil listrik dengan berbagai macam keunggulan dan teknologi kekinian.

Salah satunya mobil listrik Wuling Air Ev yang proses pembuatan dilakukan di Indonesia. Kemudian diekspor ke negara Thailand dan dijual di negara tersebut jauh lebih murah dibanding dengan mobil listrik yang dijual di Indonesia.

Terdapat dua varian mobil listrik Wuling Air EV yang masuk ke negara Thailand tersebut yaitu Standard Range dan Long Range.

BACA JUGA:Mobil Listrik Daihatsu Ayla EV 2023 Gunakan Mesin Listrik 1200 cc Tercanggih, Berapa Harganya?

Uniknya di negara Thailand tersebut, mobil listrik Wuling Air Ev tipe Standard Range ini dibanderol di kisaran harga 395 ribu Baht atau Rp169,4 juta sedangkan tipe Long Range dibanderol di kisaran harga 465 ribu baht atau Rp199,5 juta.

Harga itu jauh lebih murah dengan yang dijual di Indonesia, untuk mobil listrik Wuling Air Ev tipe Standard Range dijual Rp243 juta, sedang untuk mobil listrik Wuling Air Ev  tipe Long Range dibanderol Rp299,5 juta.

Meskipun mobil listrik Wuling Air Ev ini dijual murah di negara Thailand, untuk kelengkapan beserta fitur-fiturnya dan modelnya tetap sama persis seperti yang dijual di Indonesia, tidak ada sama sekali yang berkurang dari spesifikasinya.

Diketahui penyebab perbedaan harga yang jauh antara Thailand dan Indonesia disinyalir karena adanya insentif yang berlaku di negara Thailand untuk mobil listrik.

BACA JUGA:Mirip Mini Cooper, Ini Tampang Mobil Listrik EBU SM-1 yang Berteknologi Kekinian, Harga Murah Setara Motor

Diketahui pemerintah negara Thailand menyuplai subsidi sebesar 70 ribu Baht atau Rp30 jutaan kepada warganya yang mau membeli mobil listrik yang harganya di bawah 2 juta baht atau sekitar Rp858 juta.

Artinya mobil listrik Wuling Air Ev itu masuk ke dalam kategori itu. Ditambah lagi dari subsidi-subsidi lain yang diberikan membuat harga dari mobil listrik di negara Thailand ini menjadi lebih murah. 

Kalau saja di negara Indonesia juga menerapkan subsidi seperti di negara Thailand, kemungkinan harga mobil-mobil listrik akan jauh lebih murah dan pastinya untuk peminatnya juga akan semakin ramai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: