HONDA

Hati-Hati Gangguan Kesehatan Mental dan Mata, Bila Anak Kecanduan Gadget

Hati-Hati Gangguan Kesehatan Mental dan Mata, Bila Anak Kecanduan Gadget

Hati-Hati Gangguan Kesehatan Mental dan Mata, Bila Anak Kecanduan Gadget--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Zaman kini, gadget bukan lagi benda asing bagi anak-anak.

Memiliki gadget dapat membuat hidup seseorang jadi lebih mudah, mulai dari membantu pekerjaan, belajar, berbelanja atau sekadar mencari hiburan.

BACA JUGA:Ajaib! Begini Trik Menjernihkan Minyak Goreng yang Kotor, Cukup Gunakan Satu Bahan Buah Lemon

Namun berhati-hatilah, terlalu bergantung pada gadget justru dapat meningkatkan risiko kecanduan, terutama pada anak-anak.

Kabar buruknya, kecanduan gadget bisa memengaruhi kesehatan dan tumbuh kembangnya.

BACA JUGA:Wajah Kamu Kusam? 5 Resep Masker Alami Mencerahkan dan Mengatasi Kulit Kusam

Beberapa orangtua mungkin menawarkan gadget untuk membuat anak mereka tidak terlalu canggung dan mempelajari hal-hal baru. Namun, efeknya harus diperhatikan, terutama jika memicu kecanduan. 

Kecanduan gadget ditandai dengan rasa cemas atau mudah tersinggung saat gadget tidak diberikan, sulit berkonsentrasi dan munculnya gejala atau gangguan kesehatan tertentu. 

BACA JUGA:Tanaman Jarak Pagar: Sempat Digunakan untuk Bahan Bakar Kendaraan Perang, Berikut 5 Khasiatnya untuk Kesehatan

Dampak lainnya kurang tidur. Anak-anak  butuh tidur yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Sayangnya, kecanduan gadget dapat menyebabkan anak-anak rela terjaga sepanjang malam. Kondisi ini tidak boleh dianggap enteng, karena dapat mengganggu aktivitas anak. Misalnya mengganggu belajar di sekolah.

BACA JUGA:Beruntung! Rp157 Miliar DAK Fisik Pendidikan Papua Pegunungan: Cek Pagu per Kabupaten

Sehingga menurunkan prestasinya. Itu juga membuat perkembangan otak kurang optimal, karena tidur yang cukup adalah kunci perkembangan otak yang lebih baik.

Dampak lainnya gangguan mata. Anak-anak yang kecanduan gadget terlalu lama melihat layar ponsel yang menyebabkan gangguan seperti mata lelah, mata kering atau gangguan penglihatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: