HONDA

Ketahui Khasiat dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan, Tapi Hati-hati, Ternyata Jengkol Juga Punya Efek Negatif

Ketahui Khasiat dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan, Tapi Hati-hati, Ternyata Jengkol Juga Punya Efek Negatif

Ketahui Khasiat dan Manfaat Jengkol untuk Kesehatan, Tapi Hati-hati, Ternyata Jengkol Juga Punya Efek Negatif --Foto: Facebok.com/Alian Hadi

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Jengkol yang memiliki nama latin Archidendron Pauciflorum adalah buah yang serupa biji-bijian yang digemari di Thailand, Malaysia dan Indonesia sebagai bahan pangan. 

Jengkol yang termasuk suku polong-polongan Fabaceae ini memiliki buah yang berupa polong dan berbentuk gepeng spiral. Cenderung berwarna coklat tua apa bila sudah matang.

Jengkol dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan sebagai lalap.

Siapa sangka jengkol setelah diteliti dan diuji labolatorium, ternyata mengandung serat yang tinggi, vitamin dan asam jengkolat.

BACA JUGA:Jarang Diketahui: Ini Manfaat Daun Jengkol Muda untuk Kesehatan Kulit

Dalam artikel kali ini kita akan berbagi informasi mengenai khasiat dan manfaat jengkol. Simak ulasan dibawah ini:

1. Khasiat dari buah jengkol menurut para ahli kesehatan

- Dapat memperlancar proses buang air besar atau cuci perut. Ini dikarenakan buah jengkol juga mengandung serat yang tinggi.

- Jengkol juga dapat mencegah penyakit diabetes atau kencing manis, karena kandungan asam dan mineralnya.

- Jengkol dapat mencegah penyakit koroner dan jantung. Jengkol juga diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan juga baik untuk kesehatan jantung.

BACA JUGA:Dua Hari Tak Ada Kabar, Petani Ditemukan Tergantung di Pohon Jengkol

- Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.

Dan mungkin masih banyak lagi khasiat-khasiatnya yang belum kita ketahui. Tetapi yang perlu diperhatikan disini adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol, sebab jengkol memiliki efek negatif.

2. Efek Negatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: