HONDA

Ini ! Tips Mengatasi Serangan Ulat Api pada Sawit, Bisa Turunkan Produktivitas hingga 75 Persen

Ini ! Tips Mengatasi Serangan Ulat Api pada Sawit, Bisa Turunkan Produktivitas hingga 75 Persen

Ulat api yang menyerang daun kelapa sawit. Ini ! tips mengatasi serangan ulat api pada tanaman sawit. --DOK/RB

Dari keempat jenis ulat api di atas, jenis Setothosea Asigna adalah ulat api yang paling banyak menyerang tanaman kelapa sawit. 

Ulat api Setothosea Asigna memiliki tekstur tubuh berduri yang mengandung racun. Apabila tersentuh kulit maka memberikan bekas luka bakar. 

Ukuran panjang ulat api Setothosea Asigna 30 - 36 mm dan lebarnya 14 mm. Sekor ulat api Setothosea Asigna mampu memakan 300 sampai 500 cm persegi daun. 

BACA JUGA:Petani Wajib Pahami 3 Tahapan Pemupukan, Tanaman Kelapa Sawit Jadi Cepat Berbuah

Ulat api Setothosea Asigna menyerang bagian daun kelapa sawit dan mampu menggerogotinya hingga helaian daun berlubang dan habis menjadi lidi. 

Kehilangan daun bisa mencapai 50 -90 persen per pelepah. Daun tua dan muda ikut menjadi sasaran ulat api jenis Setothosea Asigna hingga mengganggu proses fotosintesis pada tanaman kelapa sawit. 

BACA JUGA:Dana DBH Sawit Kabupaten Mukomuko 90 Persen Digunakan untuk Infrastruktur, Menuai Kritikan

Pada akhirnya ulat api Setothosea Asigna yang menyerang daun kelapa sawit menghambat proses pembentukan bunga dan buah. Ketika pembentukan bunga dan buah terganggu, maka menurunkan kualitas produksi, dan produktivitas kelapa sawit. 

BACA JUGA:Bukan Daerah Penghasil Utama Sawit, Pemkab Rejang Lebong Terima DBH Sawit Rp5 Miliar

Serangan ulat api Setothosea Asigna juga menurunkan produksi kelapa sawit hingga 12 sampai 24 persen setelah 2 tahun serangan. Hasil pengamatan beberapa perusahaan perkebunan menyebutkan serangan ulat api menurunkan produksi mencapai 25 persen di tahun pertama. 

BACA JUGA:Petani Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Rontok Bunga dan Buah Pada Tanaman Kelapa Sawit

Bahkan lebih parah lagi pada tahun berikutnya, penurunan produksi bisa 50 hingga 75 persen pada tahun kedua dan ketiga. Apabila serangan ulat api Setothosea Asigna tidak dikendalikan, maka mengakibatkan kematian tanaman kelapa sawit. 

BACA JUGA:3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Ini Jadi Andalan Petani, Kenali Sebelum Memutuskan Budidaya Kelapa Sawit

Basmi Ulat Api pada Tanaman Kelapa Sawit

Ada pun cara membasmi ulat api pada tanaman kelapa sawit yang masih rendah bisa dengan penyemprotan larutan insektisida berbahan aktif Deltametrin dengan dosis 2cc/liter air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: