HONDA

Cukup Minum Air Rebusan Daun Tanaman Binahong, Ampuh Atasi 5 Penyakit Ini

Cukup Minum Air Rebusan Daun Tanaman Binahong, Ampuh Atasi 5 Penyakit Ini

Ampuh atasi 5 penyakit ini, cukup minum air rebusan daun tanaman binahong.--Foto: Facebook.com/Kurniasih

Diare merupakan penyakit yang sangat merepotkan dikarenakan si penderita harus bolak-balik terus ke kamar mandi. 

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Genjer untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Kalau tidak secepatnya ditangani, penyakit diare ini dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa berakibat fatal.

Diperlukan penanganan yang cepat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang tadi. Adapun penyebab penyakit diare ini bisa bermacam-macam, seperti diakibatkan adanya bakteri Escherichia coli yang di atas ambang normal pada saluran pencernaan manusia. 

Selain memakai obat kimia, tanaman yang tumbuh di sekitar kita banyak yang dapat dimanfaatkan sebagai obat diare salah satu di antaranya ialah daun binahong. 

Pada tanaman Binahong terdapat Kandungan zat flavonoid, minyak atsiri, saponin, terpenoid dan juga alkaloid di daun binahong yang memiliki peran sebagai antibakteri. 

BACA JUGA:Mampu Mengontrol Tekanan Darah, Bawang Bombay Juga Bisa Menyehatkan Kulit, Meningkatkan Kesehatan Tulang

Adapun kerja dari zat-zat tersebut dalam menghambat pertumbuhan bakteri antara lain dengan menyebabkan terjadinya kerusakan permeabilitas dinding sel bakteri.

Cara pengobatannya dengan meminum rebusan beberapa helai daun binahong dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri.

2. Mempercepat Jerawat Mengering

Jerawat tumbuh jerawat di wajah terkadang merepotkan dan sangat menggangu penampilan. Jerawat adalah penyakit yang berada pada permukaan kulit, dimana jerawat ini muncul ketika kelenjar minyak kulit terlalu aktif sehingga timbunan lemaknya ini menyumbat pori-pori kulit. 

Karena hal tersebut  pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes yang merupakan penyebab jerawat, tumbuh dengan subur. 

BACA JUGA:Daun Kari Bisa Bantu Sehatkan Rambut, Meredakan Gejala Rematik, Membantu Penyembuhan Luka

Daun dari tanaman binahong dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi jerawat. Karena kandungan zat flavonoid dan antioksidan didalam daun tanaman binahong ini memiliki peran sebagai antibakteri.  

Dengan memanfaatkan daun binahong bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain menggunakan daun binahong ini secara langsung, pada saat ini ada inovasi baru dalam pemanfaatan daun binahong ke dalam bentuk sabun muka anti jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: