HONDA

Redakan Batuk dengan Daun Ciplukan, Ini 10 Manfaat Lainnya untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Redakan Batuk dengan Daun Ciplukan, Ini 10 Manfaat Lainnya untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Redakan Batuk dengan Daun Ciplukan, Ini 10 Manfaat Lainnya untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh--Foto: Facebook.com/Fitria Aleaydha Yayah

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Daun dan buah ciplukan atau yang juga dikenal dengan istilah golden berries memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan kecantikan.

Daun ciplukan berwarna orange, sedikit kecoklatan dan transparan. Daun ini memiliki tulang daun yang berwarna coklat kehitaman pada saat buahnya sudah matang.

Ketika masih dalam usia muda, daun ciplukan berwarna hijau dengan tulang daun sedikit hijau tua.

Daun tersebut kaya akan banyak manfaat dan mudah diperoleh. Untuk mengetahui manfaat daun ciplukan, silahkan Anda simak ulasan berikut:

BACA JUGA:Jangan Salah! Ini 7 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan, Cegah Diabetes Hingga Bikin Kulit Sehat

1. Pereda Batuk

Manfaat daun ciplukan yang pertama adalah mampu meredakan batuk kering, dan tidak berdahak. Batuk kering pada umumnya sering terjadi tanpa pemicu seperti debu atau asap rokok.

Untuk mengonsumsi daun ciplukan sebagai pereda batuk, caranya rebus daun ciplukan hingga warna air sedikit kekuningan. Kemudian, konsumsi air rebusannya untuk meredakan tenggorokan.

2. Pereda Sakit Tenggorokan

BACA JUGA:Obati Demam dan Infeksi Saluran Pernafasan dengan Daun Sambiloto, Ini 5 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Manfaat daun ciplukan yang lainnya ialah meredakan sakit tenggorokan. Tenggorokan yang meradang sehingga menimbulkan rasa tak nyaman tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cukup rebus daun ciplukan untuk memperoleh manfaatnya. Kemudian, minum secara teratur agar tenggorokan tidak sakit dan meradang lagi. 

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun ciplukan selanjutnya, untuk kecantikan salah satunya yakni dapat mencegah penuaan dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: