BANNER KPU
HONDA

Gigi Keropos, Jangan Biarkan ! Ketahui Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gigi Keropos, Jangan Biarkan ! Ketahui Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gigi Keropos, Jangan Biarkan ! Ketahui Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasinya--DOK/RB

Bisa dipastikan ketika kebersihan gigi dan mulut kurang dijaga, maka kemungkinan tumbuh plak pada gigi akan menjadi lebih tinggi. Plak-plak yang menempel pada gigi bersifat lengket. Akibatnya, tidak memiliki dampak yang baik sama sekali bagi gigi. Plak pun bisa saja menjadi penyebab gigi menjadi keropos.

BACA JUGA:Konsumsi Tempe Mampu Mendukung Fungsi Otak, Bahkan Bisa Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

2. Sinus

Penyebab pengeroposan gigi bisa saja dipicu penyakit lambung seperti maag dan GERD. Dua penyakit tersebut, maag dan Gerd seringkali menyebabkan asam lambung naik hingga ke mulut. Asam lambung yang naik tersebut, bisa saja menjadi penyebab gigi keropos hingga lapisan luar dan dalam gigi terkikisnya.

BACA JUGA:Ketahui! Begini Cara Mengolah Daun Jambu Biji Sebagai Obat Alami Sakit Gigi

3. Mulut yang Kering

Peran air liur sangat penting bagi gigi. Pasalnya, air liur mampu menjaga mulut agar tetap terjaga kelembabannya. Air liur pun akan bekerja membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut dan gigi. Air liur juga mampu menetralisir asam yang berasal dari makanan.

BACA JUGA:12 Manfaat Jarak Pagar, Mengobati Sakit Gigi, Gusi Berdarah dan Menyembuhkan Luka

Anda juga wajib tahu ketika terjadi mulut kering. Ini  menandakan bahwa produksi air liur menjadi berkurang. Artinya tidak ada lagi yang memainkan peran untuk melawan asam makanan atau minuman. Akibatnya, gigi dapat mengalami pengeroposan.

BACA JUGA:10 Obat Alami Sakit Gigi yang Ampuh: Cara Mengatasinya dengan Mudah di Rumah

Kurangnya konsumsi air minum bisa berimbas langsung pada gigi. Mulut akan terasa kering. Termasuk ketika sesorang habis minum obat-obatan tertentu. Diantaranya obat hipertensi, antasida, maupun obat pereda sakit seperti paracetamol.

BACA JUGA:5 Bahan Alami di Sekitar Kita Diyakini Bisa Mengatasi Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga

4. Bulimia

Bulimia adalah kondisi yang cukup serius ketika seseorang mempunyai ketakutan akan badan yang gemuk. Di Indonesia, banyak orang yang mengidap bulimia. Seseorang tersebut kembali memuntahkan makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya. Ketika memaksakan untuk muntah, cairan asam yang ke luar dari muntahan sangat asam dan bersifat merusak dan menyebabkan gigi keropos.

BACA JUGA:Gigi Putih Dalam Waktu 5 Menit: Gunakan Garam dan Jeruk Nipis, Cara Alami Memutihkan Gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: