HONDA

Pinang Muda, Manfaat dan Prospek Bisnis yang Menjanjikan, Begini Penjelasannya

Pinang Muda, Manfaat dan Prospek Bisnis yang Menjanjikan, Begini Penjelasannya

Pinang Muda, Manfaat dan Prospek Bisnis yang Menjanjikan, Begini Penjelasannya--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pinang merupakan salah satu tanaman jenis palem yang mudah tumbuh serta berkembang di Indonesia.

Hingga kini, tanaman pinang masih dijadikan sebagai tanaman pelindung serta pagar pembatas tanah bagi masyarakat atau untuk kepentingan lainnya. Apalagi bagi yang memiliki lahan yang cukup luas.

BACA JUGA:Alat Las Meledak, Pengepul Barang Rongsokan Terbakar dan Akhirnya Meninggal

Pinang dengan bahasa latinnya Areca catechu adalah tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat. Dimana pohon pinang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 15-20 meter serta diameter 15 cm.

Buah pinang, termasuk jenis buah drupe atau buah batu. Sebab pada bagian dalamnya cukup tebal dan keras seperti batu.

BACA JUGA:Cottage Cheese dan Tomat, Greek Yogurt dan Mie Sirataki Cocok Bagi Penderita Diabetes

Buah pinang muda berwarna kehijauan, bila sudah tua akan berubah warnanya menjadi orange. Bijinya dibungkus serabut dengan ketebalan sekitar 5-6 mm, dengan bentuk buahnya berbiji dan berbentuk lonjong.

Buah pinang mengandung alkaloid serta proantosianidin yang termasuk dalam golongan flavonoid. Selain itu, buah pinang mengandung efek antibakteri dan antivirus.

BACA JUGA:Sholat Berjemaah, Pasangan Calon Anies-Muhaimin Optimis Raup Kemenangan di Provinsi Bengkulu

Karena itu, biji buah pinang sering dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk sakit disentri, diare berdarah hingga kudisan.

Biji pinang biasa juga digunakan sebagai bahan campuran orang makan sirih, buah pinang berwarna merah alami selain itu digunakan juga sebagai bahan penyamak.

BACA JUGA:Dialog Kebangsaan, Anies Baswedan bersama Mahasiswa di Kampus Unihaz Bengkulu

Banyak sekali manfaat serta khasiat dari buah pinang seperti, menambah energi, menjaga kesehatan jantung, melindungi hati dari kerusakan, berpotensi menurunkan risiko kanker, mengurangi gejala skizofrenia atau gangguan kronis pada otak.

Walaupun begitu penggunaan buah pinang dalam jangka panjang sangat tidak disarankan untuk kesehatan. Sebab buah pinang dapat menimbulkan kecanduan seperti zat psikoaktif lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: