HONDA

6 Bentuk Bakti Kepada Ibu yang Sudah Meninggal; Sebagai Curahan Kasih Sayang

6 Bentuk Bakti Kepada Ibu yang Sudah Meninggal; Sebagai Curahan Kasih Sayang

6 Bentuk Bakti Kepada Ibu yang Sudah Meninggal; Sebagai Curahan Kasih Sayang--Freepik.com//senivpetro/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COMIbu, Ibu, Ibu, kata Rasulullah SAW yang harus didahulukan baktinya. Suatu kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada orangtua, ini menjadi curahan kasih sayang dari anak kepada orangtua.

Meskipun orang tua tersebut salah satunya atau keduanya sudah meninggal dunia, seorang anak baktinya tidak boleh putus. Terkhususnya ibu begitu mulia Islam mengatur derajatnya.

Kewajiban hakiki seorang anak berbakti pada kedua orang tua, khususnya ibu hingga tidak memerlukan alasan itulah bentuk curahan kasih sayang anak. 

BACA JUGA:Kisah Cinta Soeharto dan Siti Hartinah Dipisahkan Maut, Dijodohkan Ibu Angkat, Sempat LDR

Berikut 6 bentuk berbakti kepada ibu yang sudah meninggal dunia sebagai curahan kasih sayang :

1. Mendoakan

Rasulullah dalam sabdanya menyebutkan bahwa doa dari anak sholeh atau sholehah dapat menjadi salah satu amal jariyah ibu yang tidak akan pernah putus, meskipun telah meninggal dunia.

Dengan cara mendoakan pada orang tua maka menjadi wujud seorang anak berbakti pada ibu atau orang tua yang telah meninggal. Amalan-amalan jariyah inilah bekal untuk menuju akhirat. 

BACA JUGA:Ibu Hamil Wajib Konsumsi Asam Folat, Guna Pembentukan Sel Otak, Mengurangi Risiko Bayi Autis

2. Melunasi Hutang 

Ibu yang meninggal ketika sebelum dimakamkan hutang menjadi tanggung jawab anak sebagai ahli waris. 

Kewajiban bagi anak untuk melunasi segala bentuk utang. Itulah bentuk bakti lain kepada ibu, selain juga janji yang diberikan ibu semasa hidup kepada orang lain juga menjadi tanggung jawab anak. 

Janji yang lupa ditepati semasa hidup menjadi bagian yang harus ditepati oleh sang anak. Hingga tidak menjadi sangkutan terhadap ibu yang sudah tiada. 

BACA JUGA:Kurang Perhatian dan Kasih Sayang Orang Tua, Serta Faktor Lingkungan Buruk Picu Kenakalan Remaja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: