HONDA

Kurang Perhatian dan Kasih Sayang Orang Tua, Serta Faktor Lingkungan Buruk Picu Kenakalan Remaja

Kurang Perhatian dan Kasih Sayang Orang Tua, Serta Faktor Lingkungan Buruk Picu Kenakalan Remaja

Kurang Perhatian dan Kasih Sayang Orang Tua, Serta Faktor Lingkungan Buruk Picu Kenakalan Remaja --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Memiliki remaja usia belasan tahun baik laki=laki maupun perempuan, orang tua mesti ekstra menjaganya. Maklum remaja umur belasan masih labil dan rentan terhadap pengaruh luar rumah. 

Bila orang tua tidak peka, remaja bisa terjerumus pada pergaulan bebas. Karenanya butuh perhatian dari kedua orang tuanya, termasuk bagaiman orang tua bisa menjadi teman bagi remaja yang tengah puber. 

BACA JUGA:Punya Kebiasaan Buruk! Ini Shio yang Akan Sial di Tahun 2024

Penting bagi orang tua mendampingi anak, menanamkan benteng agama yang kuat pada diri anak agar tidak mudah terpengaruh lingkungan atau teman bermainnya. 

Perhatian orang tua akan memberi remaja motivasi dan menguatkan rasa percaya dirinya. Dari sisi psikologis anak  mempengaruhi komunikasinya dengan teman sebaya. Perhatian dari orang tua membuat anak merasa aman dan nyaman. 

BACA JUGA:Irigasi Banyak Jebol di Kabupaten Bengkulu Utara, Dewan pun Desak Segera Perbaiki

Bila orang tua mampu memposisikan diri sebagai teman, para remaja tentu bersedia menceritakan apa yang dialaminya selama berada di luar rumah. Orang tua juga bisa menyisipkan sedikit nasihat dalam interaksi ketika anak bercerita. 

Anak yang cenderung tidak mendapatkan perhatian orang tuanya bisa memicu terjadinya kenakalan remaja. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenakalan remaja. 

BACA JUGA:Guru di Bengkulu Tengah, Minta Perbanyak Kuota Penerimaan PPPK, Masih Tersisa 403 Honorer Lagi

 

1. Kurang kasih sayang orang tua terhadap anak

Faktor dukungan keluarga juga sangat penting untuk menunjang karakter anak. Sebab kurangnya kasih sayang terhadap anak menyebabkan kurang maksimalnya kontrol orang tua. 

Ini menyebabkan terjadinya kenakalan remaja. Selain itu, anak pasti menginginkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua dan keluarganya. Karena tidak mampu, ia mencari jalan keluar dengan melakukan hal-hal negatif.

BACA JUGA:WOW! 6 Tanaman Hias Ini Bisa Menjadi Penangkal Radiasi Barang-barang Elektronik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: