HONDA

Menilik Migingo, Pulau Kecil yang Diperebutkan 2 Negara, Terletak di Danau Victoria

Menilik Migingo, Pulau Kecil yang Diperebutkan 2 Negara, Terletak di Danau Victoria

Menilik Migingo, Pulau Kecil yang Diperebutkan 2 Negara, Terletak di Danau Victoria--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Migingo merupakan sebuah pulau batu kecil yang memiliki ukuran tidak lebih dari sebuah lapangan sepak bola. Pulau Migingo terletak di Danau Victoria, danau terbesar di Afrika. 

Walaupun ukurannya kecil, Pulau Migingo ini menjadi salah satu penghasil ikan di Afrika, dimana hasil lautnya diekspor langsung ke Uni Eropa.  

BACA JUGA:Lumba-Lumba Vaquita Terancam Punah, Mamalia Laut Paling Langka, Hidup di Teluk California

Perairan di sekitar Pulau Migingo punya hasil laut yang melimpah, maka pulau ini menjadi rebutan oleh dua negara di Afrika. Kenya dan Uganda merupakan negara yang memperebutkan klaim kepemilikan dari pulau tersebut. 

Karena kekayaan hasil lautnya, dimana kedua negara tersebut sama-sama bersikeras untuk memiliki Pulau Migingo.

BACA JUGA:Bibir Kering? ini Manfaat Madu untuk Kesehatan Area Bibir: Juga Bisa Mencerahkan

Sebab perairan yang mengelilingi pulau tersebut memiliki banyak ikan nile perch, yang merupakan salah satu ikan kegemaran masyarakat Afrika. 

Walaupun tengah diperebutkan, namun penduduk Pulau Migingo tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

BACA JUGA:Hemat di Kantong! Membasmi Kutu Kucing Menggunakan Sabun Cuci Piring

Sensus yang pernah dilakukan oleh Kenya, di pulau Mogingo terdapat sekitar 131 orang. KIni jumlahnya diperkirakan telah bertambah hingga mencapai 500 orang.

Di pulau tersebut, dibangun gubuk-gubuk yang penuh sesak dari kardus dan kayu. Kehidupan kesehariannya, sebagian besar penduduk di pulau tersebut bekerja sebagai nelayan dan pedagang ikan. 

BACA JUGA:5 Tips Mengatasi Kucing Buang Air Secara Sembarangan

Walaupun kecil, namun Pulau Migingo memiliki lima bar, salon kecantikan, apotek, serta beberapa hotel, bahkan dibangun sebuah rumah bordil. 

Kemiskinan yang terjadi dan penangkapan ikan berlebihan, masih berlanjut di pulau tersebut. Belum lagi dengan adanya insiden yang sempat memancing emosi dam konflik kedua negara tersebut. Polisi Kenya dilaporkan pernah mengangkat bendera Kenya di pulau Migingo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: