HONDA

Puskesmas Sumber Urib Terapkan Tranformasi Kesehatan, Paket Integrasi Layanan Primer

Puskesmas Sumber Urib Terapkan Tranformasi Kesehatan, Paket Integrasi Layanan Primer

Kepala Puskemas Sumber Urib Ns Mus Mulyadi S.kep saat meninjau pemeriksaan pasien di laboratorium--rakyatbengkulu.disway.id

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Pemenuhan kebutuhan di puskesmas merupakan upaya dari integrasi layanan primer (ILP) dalam mewujudkan transformasi layanan primer di Indonesia.

Hal ini telah diterapkan unit pelayanan teknis (UPT) Pusat Pelayanan Kesehatan (Puskemas) Sumber Urib, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Film 172 Days Dipromosikan Ustadzah Oki, Kisah Hijrah Nadzira Shafa, Harus Melepas Kepergian Suami Tercinta

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dengan cara menjaga masyarakat tetap sehat dalam waktu yang panjang.

Kepala Puskesmas Sumber Urib, Ns Mus Mulyadi S.kep saat dijumpai rakyatbengkulu.com di ruang kerjanya Rabu (20/11) mengatakan setiap puskemas mengacu pada program prioritas nasional. Seperti penanganan dan pencegahan stunting dan Penyakit Tidak Menular (PTM) secara berkesinambungan.

BACA JUGA:Selamat! Jatah BOK Puskesmas di Bali 76 Miliar: KB 40 Miliar

"Puskesmas Sumber Urib telah menetapkan tranformasi kesehatan berupa paket ILP, berdasarkan siklus hidup hingga ditentukan klaster-klaster. Mulai dari klaster 1 hingga klaster 4, untuk mempermudah layanan kesehatan terhadap pasien. Sehingga tepat sasaran dan penangan kesehatan secara prima," kara Mus Mulyadi. 

Transformasi layanan primer sambung Mus Mulyadi difokuskan untuk meningkatkan layanan promotif dan preventif.

BACA JUGA:Berkhasiat, Batu Akik Marjan Pernah Dipakai Nabi Musa, JugaTercatat dalam Alquran

Seperti memperkuat upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, membangun infrastruktur, melengkapi sarana, prasarana, SDM dan memperkuat manajemen di seluruh layanan primer.

Perubahan mendasar pada transformasi layanan kesehatan primer terletak pada desain layanan yang difokuskan pada kelompok sasaran (people center) yang diberikan sampai ke tingkat dusun dan keluarga.  

BACA JUGA:6 Tips Menjaga Cat Mobil, Agar Mengkilap Lebih Lama dan Awet, Hindari Parkir Dibawah Sinar Matahari Langsung

Pada level kecamatan, desain ini memberikan paket layanan untuk masing-masing siklus hidup di berbagai tingkatan layanan kesehatan yang ada di puskesmas, baik pelayanan di dalam maupun luar gedung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: