HONDA

Mitos atau Fakta? Ada Makanan yang Bikin Bayi Lahir dengan Kulit Putih

Mitos atau Fakta? Ada Makanan yang Bikin Bayi Lahir dengan Kulit Putih

Ada makanan yang bikin bayi lahir dengan kulit putih, mitos atau fakta?--Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Memiliki bayi dengan kulit putih memang menjadi idaman hampir semua orang.

Beberapa orang percaya ada makanan yang kalau dikonsumsi saat hamil dapat membantu agar bayi berkulit putih setelah lahir.

Karena sangat menyenangkan saat melihat si kecil lahir dengan kulit yang putih bersih dan sehat. Lantas, apakah benar beberapa makanan bisa memengaruhi warna kulit janin dalam kandungan? 

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa mengonsumsi makanan tertentu selama kehamilan membantu agar calon bayi lahir dengan kulit putih atau lebih cerah.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Ibu Hamil: Redakan Morning Sickness Hingga Mengurangi Ruam Panas

Asupan gizi ibu hamil, termasuk vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan asam lemak omega-3, memang dapat mendukung perkembangan kulit yang sehat pada janin.

Meski begitu, faktor genetik yang tetap menjadi penentu utama warna kulit bayi saat lahir. Ciri fisik pada bayi mempunyai sifat poligenik (polygenic trait).

Artinya, bayi akan mewarisi campuran gen warna kulit dari kedua orangtua kandungnya.

Karena bayi mewarisi gen dari masing-masing orang tuanya, maka warna kulit yang muncul adalah hasil campuran dari kedua orang tuanya.


Beberapa orang percaya ada makanan yang kalau dikonsumsi saat hamil dapat membantu agar bayi berkulit putih setelah lahir.--Foto: Freepik.com/freepik

BACA JUGA:4 Manfaat Konsumsi Buncis untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Baik untuk Wanita Hamil

Contohnya, bila kedua orangtua bayi tersebut memiliki kulit yang lebih gelap, kulit bayi cenderung lebih gelap juga. Begitu pula sebaliknya, bila kedua orang tua bayi memiliki kulit yang lebih terang.

Namun, bila Anda memiliki kulit lebih terang dan pasangan punya kulit lebih gelap, bayi yang lahir bisa saja memiliki warna kulit yang berada di antara keduanya.

Beberapa zat gizi dalam makanan sehat ibu hamil dapat membantu menjaga kesehatan kulit janin. Hal inilah yangberpotensi membuat bayi lahir dengan kulit putih atau tampak lebih cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: