HONDA

Mengenal Kearifan Lokal Yo Botoi Botoi Pukek Mendarek, Ciri Khas Nelayan Kota Bengkulu

Mengenal Kearifan Lokal Yo Botoi Botoi Pukek Mendarek, Ciri Khas Nelayan Kota Bengkulu

Ciri khas nelayan Kota Bengkulu, mengenal kearifan lokal yo botoi botoi pukek mendarek.--TikTok/therealdianlest

BACA JUGA:Sensasi Mancing Gebur di Laut Bengkulu, Sabtu-Minggu Kapal Nelayan Dibooking Pemancing

Tetapi para netizen di luar Kota Bengkulu melihat itu sebagai keanehan yang tidak biasa. Ada sebagian lain dari netizen tersebut mendoakan supaya tidak terjadi apa-apa pada Kota Bengkulu.

Padahal hal tersebut sudah dilakukan dari zaman dahulu kala yang menjadi aktivitas nelayan Bengkulu. Hanya saja kurangnya publikasi hingga hal tersebut dianggap sesuatu yang tidak wajar.

Padahal sekali pukek mendarek (pukek mendarat) jaring nelayan biasanya terisi oleh puluhan ekor ikan, kini bisa diisi oleh ribuan ekor ikan dengan berbagai jenis dan ukuran.

Akhir-akhir ini jumlah ikan yang dipukek oleh nelayan berlimpah sehingga nelayan  meminta masyarakat untuk ikut menarik pukek.

BACA JUGA:Konservasi Gurita Dijalankan, Nelayan bisa Raup

Kehebohan warga Bengkulu menjadi daya tarik sehingga berbondong-bondong datang ke pantai untuk menolong para nelayan.

Kegiatan tersebut biasanya dilakukan oleh nelayan Bengkulu di kisaran pukul 08.00-10.00 pagi, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di siang hari.

Antusias warga melihat kearifan lokal nelayan Kota Bengkulu menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi kebahagian memilih ikan kecil yang segar baru mendarat di tepi pantai menjadi pengalaman yang baru.

Keunikan tersebut menjadikan masyarakat Bengkulu bangga akan hasil tangkapan nelayan yang secara bersama-sama mencicipi hasil perolehan dari nelayan.

BACA JUGA:Menilik 7 Kota di Indonesia yang Dibangun Penjajah Belanda dari Nol, Bandung hingga Jayapura

Bengkulu yang terkenal dengan daerah pantainya yang panjang menjadi daya tarik bagi masyarakat luar dalam menyaksikan melalui media sosial. 

Selain itu ikan yang ukurannya besar dan sedang dapat dibeli oleh semua masyarakat yang hadir dengan harga yang murah. 

Dengan mendapatkan ikan segar baru ditangkap dan murah menjadi incaran para ibu-ibu yang ingin menghidangi keluarga tercinta dengan menu ikan dari pantai Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: