HONDA

Waspada! Sepanjang Tahun 2023 Dinkes Rejang Lebong Temukan Kasus Baru HIV/AIDS

Waspada! Sepanjang Tahun 2023 Dinkes Rejang Lebong Temukan Kasus Baru HIV/AIDS

Waspada! Sepanjang Tahun 2023 Dinkes Rejang Lebong Temukan Kasus Baru HIV/AIDS--Badri/rakyatbengkulu

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Sepanjang tahun 2023 dari Januari hingga Desember lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong menemukan 25 kasus baru pasien HIV/AIDS.

Selain kasus baru, ada sebanyak 60 pasien yang rutin berobat sehingga jumlah kasus HIV/AIDS di Rejang Lebong tercatat sebanyak 85 pasien.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Heri Wartono S.Km saat dibincangi rakyatbengkulu.com Kamis 4 Januari 2024 menuturkan bahwa kebanyakan pasien yang memiliki gejala mengarah ke HIV/AIDS enggan melakukan pemeriksaan karena malu terhadap apa yang dideritanya.

"Jadi temuan kasus atau pasien baru ini adalah berkat kerja keras kita dalam melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit serta sosialisasi terhadap masyarakat yang rentan terpapar penyakit HIV AIDS seperti lokasi-lokasi yang diduga sebagai tempat lokalisasi,'' ungkap Heri Wartono.

BACA JUGA:Gejala HIV dan AIDS Pada Laki-Laki, Gejala Baru Muncul Setelah 2-4 Minggu Tubuh Terinfeksi

Disebutkan Heri, atas temuan 25 kasus baru sepanjang tahun 2023 lalu secara bertahap pihaknya telah melakukan pendampingan dan pengobatan secara rutin.

"Dari 85 pasien atau ODHA (orang dengan HIV Aids) bukan sepenuhnya warga Rejang Lebong termasuk 25 ODHA yang baru. Jadi memang daerah kita adalah lokasi berobat bisa jadi jika berobat di wilayahnya ada rasa malu, padahal ODHA ini sangat perlu didampingi dan menjalani pengobatan rutin," papar Heri Wartono.

Sementara itu, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Rejang Lebong terus berupaya menekan angka ODHA baru dengan sosialisasi di lokasi-lokasi yang rentan penularannya.

Sosialisasi juga dilakukan 22 puskemas dari 15 kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong, bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan dan Stealholder lainnya.

BACA JUGA:Tips Memilih Warna Baju Bridesmaids agar Tampil Anti Mainstream

"Tentu pendidikan dan edukasi kepada masyarakat kita tingkatkan dengan penuh kesadaran sehingga masyarakat juga sadar akan pencegahan penyakit ini," ujar Heri Wartono.

Berikut cara virus HIV/AIDS dapat menular

1. Hubungan Seks Tanpa Alat Pengaman (Kondom) 

Cara penularan AIDS yang pertama adalah berhubungan seks tanpa menggunakan kondom atau pengaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"