HONDA

CEK! Ini 5 Bantuan Sosial yang Akan Dibagikan Awal Tahun 2024

CEK! Ini 5 Bantuan Sosial yang Akan Dibagikan Awal Tahun 2024

CEK! Ini 5 Bantuan Sosial yang Akan Dibagikan Awal Tahun 2024--Foto: Facebook.com/Infobansos

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah Indonesia akan kembali melanjutkan untuk menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat miskin di Indonesia di awal tahun 2024 ini. 

Hal ini berdasarkan Buku Himpunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) Tahun Anggaran 2024, untuk anggaran Kementerian Sosial direncanakan sebesar Rp. 79,19 triliun.

Adapun kebijakan anggaran ini didasari atas keputusan Presiden Joko Widodo yang berencana menghapus kemiskinan ekstrem di tahun 2024 dari bulan Maret 2023 sebanyak 1,12% dari total penduduk.

Untuk besaran anggaran ini naik dari perkiraan anggaran Kementerian Sosial pada tahun 2023 lalu yang sebesar Rp. 77,33 triliun, dimana anggaran untuk tahun 2024 diarahkan untuk program perlindungan sosial.

BACA JUGA: Bansos PKH Balita Cair Rp3 Juta per Tahun, Cek Persyaratan dan Cara Pendaftarannya

Mengutip dari Buku III RAPBN 2024, anggaran ini 98,57 persen atau Rp. 78,06 triliun dialokasikan untuk program perlindungan sosial sedangkan 1,43 persen atau Rp. 1,13 triliun dialokasikan untuk program dukungan manajemen.

Untuk bantuan sosial program keluarga harapan (Bansos PKH) terhadap 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) masih masuk kedalam prioritas dari pemerintah. 

Supaya bansos tidak terputus dari tahun lalu ke tahun ini, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah bansos yang akan cair di awal tahun 2024, antara lain:

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino

BACA JUGA:Perbaiki Data Penerima Bansos

Karena musim kemarau yang berkepanjangan, pemerintah Indonesia menyalurkan bantuan bernama Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Penyaluran BLT El Nino ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya beli dari masyarakat dikarenakan kenaikan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok, untuk nilainya sebesar Rp. 400 ribu per KPM.

Diharapkan daya beli masyarakat akan meningkat setelah penyaluran BLT El Nino ini selesai dilakukan, dimana pada saat ini, penyaluran BLT El Nino masih terus dilakukan kepada sekitar 18 juta keluarga penerima manfaat.

2. Bansos Beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"