HONDA

Rahasia Meningkatkan Fungsi Paru-Paru, 6 Rekomendasi Olahraga Agar Paru-Paru Sehat dan Kuat

Rahasia Meningkatkan Fungsi Paru-Paru, 6 Rekomendasi Olahraga Agar Paru-Paru Sehat dan Kuat

6 rekomendasi olahraga agar paru-paru sehat dan kuat, rahasia meningkatkan fungsi paru-paru.--Foto: Freepik.com/ freepik

BACA JUGA:10 Tips Olahraga Murah Tanpa Alat Gym yang Bisa Dilakukan di Rumah

Otot-otot core yang menjaga kestabilan tubuh yang berkaitan dengan fungsi pernapasan, sehingga efektif untuk meningkatkan kapasitas serta volume paru-paru.

Selain itu, otot perut juga memiliki peran penting dalam pernapasan diafragma yang dapat membantu paru-paru agar bisa terisi dengan udara secara efisien.

5. Berenang

Berenang juga menjadi rekomendasi olahraga untuk meningkatkan fungsi paru-paru yang mudah dilakukan.

Hal ini dikarenakan berenang dapat melatih dan menguatkan otot pernapasan serta diafragma karena adanya tekanan yang lebih besar di dalam air.

BACA JUGA:Cegah Cidera dengan Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga, Berikut 6 Manfaat Lainnya

6. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan merupakan salah satu metode yang bisa dilakukan untuk menguatkan otot-otot pernapasan.

Latihan ini memungkinkan untuk mendapatkan oksigen lebih banyak sehingga dapat melegakan pernapasan Anda dan menghindari risiko sesak napas.

Terdapat dua teknik yang umum dilakukan dalam latihan pernapasan, yaitu pursed lip breathing dan belly breathing (pernapasan perut).

Pursed lip breathing dapat membuat saluran pernapasan terbuka lebih lama sehingga dapat mengoptimalkan udara yang keluar dan masuk ke dalam paru-paru.

BACA JUGA:8 Langkah Awal Mengatasi Keram Perut Saat Olahraga Atau Menstruasi, Ampuh Tanpa Obat

Sementara itu, belly breathing fokus pada kekuatan otot perut yang memungkinkan seseorang untuk menarik napas dalam-dalam. Latihan ini juga dapat membantu meningkatkan laju pernapasan secara keseluruhan.

Di samping itu, Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan fungsi paru-paru secara rutin guna menghindari risiko gangguan organ paru-paru yang dapat mempengaruhi sistem pernapasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: