HONDA

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Konsumsi Juga 5 Buah-buahan Berikut Agar Mata Tetap Sehat

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Konsumsi Juga 5 Buah-buahan Berikut Agar Mata Tetap Sehat

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Konsumsi Juga 5 Buah-buahan Berikut Agar Mata Tetap Sehat--Foto: Freepik.com/ benzoix

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Mata adalah organ yang berfungsi sebagai indra penglihatan, yang memungkinkan kita untuk melihat berbagai objek, warna, dan pemandangan.

Pada dasarnya kesehatan mata perlu dijaga karena mata sangat penting untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar, berkomunikasi, dan lain-lain. 

Jika mata mengalami gangguan atau penyakit, maka penglihatan kita bisa terganggu atau bahkan hilang.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata, antara lain:

BACA JUGA:Kacamata Anda Sering Berembun? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya di Sini

1. Periksakan mata secara rutin ke dokter, setidaknya 2 tahun sekali, atau lebih sering jika ada riwayat penyakit mata atau faktor risiko lainnya.

2. Konsumsi makanan yang bergizi, terutama yang mengandung vitamin A, C, E, lutein, selenium, dan omega-3, yang dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Hindari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, karena dapat merusak mata dan meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, dan kanker mata. Gunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV saat berada di luar ruangan.

4. Istirahatkan mata secara berkala, terutama jika sering menggunakan gawai, komputer, atau membaca. Atur jarak pandang yang nyaman, gunakan pencahayaan yang cukup, dan kedipkan mata secara teratur untuk menghindari mata kering.

BACA JUGA:Luar Biasa! Mata Jadi Lebih Sehat, 5 Buah Ini Miliki Kandungan Vitamin A Tinggi

5. Jaga kebersihan mata dengan tidak menyentuh mata dengan tangan kotor, tidak menggunakan kosmetik mata yang sudah kadaluarsa atau dipinjamkan, dan tidak menggunakan lensa kontak lebih lama dari yang dianjurkan.

Selain itu, menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan. 

Ada banyak jenis buah-buahan yang punya manfaat menjaga kesehatan mata, seperti jeruk, buah naga, srikaya, manggis, nangka, dan lain-lain. 

Buah-buahan ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, dan betakaroten yang baik untuk penglihatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: