HONDA

Dari Jahe Hingga Melon, Inilah 8 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung atau GERD

Dari Jahe Hingga Melon, Inilah 8 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung atau GERD

Dari Jahe Hingga Melon, Inilah 8 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung atau GERD--Foto: Freepik/KamranAydinov

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Penyakit asam lambung atau GERD perlu diatasi segera saat kambuh. Ketika asam lambung meningkat, terasa tidak nyaman dan muncul gejala lain yang mengganggu aktivitas penderitanya.

Contoh gejala GERD meliputi sensasi asam di mulut, kembung, sensasi terbakar di dada atau heartburn, mulas, hingga nyeri di ulu hati. Umumnya, penderita cenderung mengonsumsi obat kimiawi saat gejalanya muncul.

Tetapi, ada keyakinan bahwa penanganan asam lambung naik tidak selalu memerlukan obat kimia. Sebab, terdapat beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk meredakannya.

Berikut adalah bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati Asam lambung atau GERD, diantaranya:

BACA JUGA:6 Manfaat Minum Kopi Hitam Campur Susu, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Asam Lambung

1. Jahe

Akar jahe mengandung senyawa fenolik yang diyakini dapat mengurangi iritasi pada saluran pencernaan dan menghambat kontraksi otot lambung, mengurangi risiko regurgitasi asam lambung ke kerongkongan.

Jahe juga efektif mengatasi mual, mencegah nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan tubuh, khususnya pada individu dengan gangguan pencernaan seperti GERD.

Meskipun manfaat jahe sebagai obat asam lambung alami telah terbukti, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk lebih memahami durasi efek pencegahan refluks asam lambung oleh jahe. 

BACA JUGA:Minum Sambil Duduk, Sunnah yang Bermanfaat Menurunkan Asam Lambung, Bantu Membuang Racun

2. Daun Selasih

Selama bertahun-tahun, daun Selasih telah menjadi pilihan terkemuka dalam pengobatan tradisional untuk menangani masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan keluhan asam lambung.

Dalam bidang pengobatan di Thailand, tanaman ini diakui dapat membantu meredakan batuk, permasalahan kulit, dan gangguan pencernaan.

Khasiat daun selasih berasal dari kandungan senyawa terpenoidnya, terutama eugenol, thymol, dan estragole. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: