HONDA

Dari Jahe Hingga Melon, Inilah 8 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung atau GERD

Dari Jahe Hingga Melon, Inilah 8 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung atau GERD

Dari Jahe Hingga Melon, Inilah 8 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung atau GERD--Foto: Freepik/KamranAydinov

BACA JUGA:Rutin Mengonsumsi Jagung Rebus Bisa Sembuhkan Asam Lambung, Ini Dia Faktanya

Senyawa-senyawa ini tidak hanya mencegah tingginya kadar asam lambung, tetapi juga mendukung proses pemulihan fungsi lambung dan kerongkongan yang mungkin mengalami iritasi.

Caranya, seduh satu sendok teh daun basil dalam segelas air selama 10 menit. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi 2-5 tetes minyak basil hingga tiga kali sehari, atau memilih suplemen dengan dosis harian maksimal sekitar 2,5 gram. 

3. Akar Manis

Tanaman lain yang dapat menjadi obat alami untuk masalah asam lambung adalah akar manis atau licorice. 

BACA JUGA:Dapat Mengatasi Penyakit, Begini 8 Langkah Membuat Obat Asam Lambung dari Tanaman Lidah Buaya

Tanaman ini dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai dari pilek hingga gangguan pencernaan seperti penyakit hati dan refluks asam lambung.

Licorice berfungsi dengan menenangkan lapisan lambung, meredakan peradangan, dan mengurangi nyeri ringan akibat paparan asam lambung yang berlebihan. 

Zat aktif dalam tanaman ini juga membantu mencegah kerusakan lambung dengan membentuk lapisan pelindung.

Ada berbagai jenis licorice, namun licorice yang mengandung zat aktif glycyrrhiza jarang digunakan karena berpotensi menimbulkan efek samping serius.

BACA JUGA:Penting! Ini Dia 6 Tips Menjaga Kesehatan Lambung Agar Tidak Menggangu Aktivitas

4. Kunyit

Dalam pengobatan tradisional, kunyit sering digunakan sebagai pengobatan alami untuk meredakan berbagai keluhan terkait peradangan, termasuk nyeri sendi, nyeri haid, gangguan fungsi hati, dan masalah pencernaan. 

Keunggulan kunyit terletak pada sifat antiradang dan antioksidan yang dimilikinya. Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin, yang menjadi poin penting dalam memberikan manfaat kesehatan. 

Kurkumin membantu melindungi lapisan lambung dari potensi kerusakan akibat penggunaan obat pereda nyeri nonsteroid (NSAID) dan bahan kimia lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: