HONDA

Taiwan Mengklaim Negara Berdaulat, Konflik dengan China Terus Memanas, Apakah Diakui PBB?

Taiwan Mengklaim Negara Berdaulat, Konflik dengan China Terus Memanas, Apakah Diakui PBB?

Taiwan Mengklaim Negara Berdaulat, Konflik dengan China Terus Memanas, Apakah Diakui PBB?--rakyatbengkulu.disway.id

BACA JUGA:Wow! 5 Masker Rambut Ini Ampuh Atasi Rambut Kering dan Rapuh, Ketahui di Sini 7 Manfaat Penggunaannya

Selain itu, Taiwan tidak hanya menjalin kerja sama dengan Amerika Serikat (AS), namun puluhan negara lain. Ada juga yang belasan negara yang mengakui kedaulatan wilayah tersebut, salah satunya adalah Haiti.

Terlepas dari pengakuan tersebut, apakah Taiwan diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)?  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1945-1971) mengakui Republik China atau nama resmi Taiwan sebagai salah satu anggotanya. 

BACA JUGA:4 Keunggulan Sepeda Motor Honda Beat Street 2024, Nomor 1 Menjadikannya Incaran Anak Muda!

Dimana Republik China bahkan menjadi salah satu pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan merupakan satu dari lima anggota permanen Dewan Keamanan organisasi tersebut.

Namun kemenangan dari partai Komunis pimpinan Mao Zedong dalam perang saudara di China selepas bebas dari penjajahan Jepang pada Perang Dunia II mengubah situasi tersebut. 

BACA JUGA:SeaBank Bagi-bagi Giveaway iPhone 15 Beserta Smartphone Lainnya, Caranya Gampang Yuk Ikuti!

Sejak saat itu, status Republik China di PBB dipertanyakan. Hingga akhirnya pada 1971, Resolusi 2758 Majelis Umum PBB memutuskan Republik Rakyat China (RRC) sebagai perwakilan resmi daratan China di PBB hingga akhirnya mendepak Republik China dari keanggotaannya.

Hingga kini, PBB hanya mengakui Republik Rakyat China (RRC) sebagai negara, walaupun Taiwan berulang kali mengajukan lagi keanggotaannya dalam organisasi tersebut.

BACA JUGA:Menakjubkan! Ini Dia 5 Manfaat Buah Naga untuk Lambung yang Jarang Diketahui

PBB merupakan organisasi internasional yang terdiri dari berbagai negara daulat. Taiwan sebagai provinsi China tidak mempunyai kualifikasi sama sekali dan tidak punya hak untuk berpartisipasi di dalamnya," demikian bunyi pernyataan pemerintah China di situs resmi.

Menurut China, dengan resoulsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dimana upaya Taiwan ingin merdeka dan ingin pengakuan internasional tidaklah mempunyai dasar hukum yang jelas.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Smartphone Samsung Terbaik dengan Harga Rp2 Jutaan

Sementara itu, untuk bisa mendapat pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), suatu negara haruslah terlebih dahulu menjadi anggotanya.

Namun langkah Taipei menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhalang oleh China. Hal ini dikarenakan China merupakan salah satu Dewan Keamanan PBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: