HONDA

Menakjubkan! Ini 5 Mitos Gunung Kerinci yang Melegenda di Atap Negeri Jambi

Menakjubkan! Ini 5 Mitos Gunung Kerinci yang Melegenda di Atap Negeri Jambi

5 mitos Gunung Kerinci yang melegenda di Atap Negeri Jambi--Instagram/kerinci_sungaipenuh

2.  Uhang Pandak

Mitos berikutnya yang menjadi kisah melegenda yakni kisah mitos Uhang Pandak. Uhang Pandak memiliki arti "orang pendek" mitos ini telah melegenda berabad-abad.

Menurut perjalan Marcopolo pada tahun 1292 cerita ini sudah ada sedari dulu. Mereka memiliki ciri-ciri badan berbulu abu-abu, tinggi sekitar 80-130 cm.

Bertangan panjang, mata merah dan kaki seperti kera. Uhang Pandak kerap membawa peralatan berburu belum diketahui mereka jenis apa.

BACA JUGA:6 Tips Mudah untuk Mencairkan Pinjaman Langsung dari Aplikasi Kredivo, Simak Caranya!

3. Larangan Jam 12

Larangan jam 12 merupakan salah satu mitos yang melegenda di Gunung Kerinci tersebut. Jam 12 siang adalah waktu makhluk tak kasat mata tersebut menggunakan air.

Manusia dilarang untuk mandi, minum, atau bermain air pada jam ini. Karena legenda tersebut, konon jika dilanggar orang itu bisa mengalami sakit perut. 


Pohon bolong yang dipercayai salah satu mitos di Gunung Kerinci--Instagram/pryasmi

4. Pohon Bolong dan Jin Penunggu

Lain halnya dengan mitos Pohon Bolong dan jin penunggu. Pohon Bolong adalah tempat yang dikenal memiliki mitos yang kuat. 

Pendaki dilarang untuk makan, buang air, atau berfoto di dekat pohon bolong ini. Karena dipercaya bahwa ada jin penunggu di dalamnya, seperti nenek tua dan genderuwo.

Kisah ini diperkuat dengan adanya kasus hilangnya Setiawan Maulana pada 2014. Konon diyakini berada dekat dengan sosok penunggu Pohon Bolong.

BACA JUGA:Luar Biasa! Ini Dia 5 Negara dengan Fenomena Langit Aurora Terindah di Dunia

5. Pintu Rimba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: