HONDA

Benarkah Menggunakan Kontak Lensa Menyebabkan Mata Belekan? Kenali 8 Penyebab Mata Belekan

Benarkah Menggunakan Kontak Lensa Menyebabkan Mata Belekan? Kenali 8 Penyebab Mata Belekan

Kenali 8 penyebab mata belekan berikut ini, benarkah menggunakan kontak lensa menyebabkan mata belekan? --freepik.com/ freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Benarkah menggunakan kontak lensa bisa menyebabkan mata belekan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Kenali 8 penyebab mata belekan.

Mata belekan sebenarnya hal yang umum terjadi dan normal, apalagi saat bangun tidur. Namun, Mata belekan juga bisa menimbulkan gejala mata merah, berair dan belekan yang berlebihan.

Penyebab mata belekan juga dapat disebabkan berbagai hal, bisa karena infeksi, reaksi alergi, konjungtivitis, dan kondisi medis lainnya.

Normalnya, belek mata sebenarnya merupakan cara tubuh dalam menjaga kesehatan mata selama tidur. Jadi, munculnya belek mata setelah bangun tidur adalah hal yang normal.

BACA JUGA:Bahayakah Mata Merah Usai Berenang? Ini Cara Mengatasinya

Akan tetapi, ketika mata belekan menimbulkan keluhan seperti nyeri mata, mata merah dan kesulitan membuka mata maka perlu diwaspadai.

Mari simak lebih lanjut penjelasan tentang penyebab mata belekan dan cara mengatasinya dalam artikel berikut ini, baca sampai tuntas ya!

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa munculnya belek pada mata adalah hal yang normal terjadi ketika bangun tidur.

Namun, kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh beberapa kondisi. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Mata Kering

BACA JUGA:Yuk Kenali Perbedaan Silinder, Minus dan Plus pada Mata: Simak Ulasan Berikut

Mata kering adalah kondisi yang disebabkan oleh menurunnya produksi air mata.

Ketika mata tidak mendapatkan cukup cairan, maka air mata darurat akan dimanfaatkan oleh sistem saraf untuk membasahi mata.

Namun, air mata darurat terdiri dari komponen yang berbeda dengan air mata alami, lebih banyak mengandung lendir. Lendir inilah yang menjadi penyebab mata belekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: