HONDA

6 Tips Merawat Radiator Mobil Supaya Awet, Lakukan Agar Mesin Tidak Overheat

6 Tips Merawat Radiator Mobil Supaya Awet, Lakukan Agar Mesin Tidak Overheat

Tips Merawat Radiator Mobil Supaya Awet dan Tidak Overheat--Instagram.com/ primes_asia

Hal ini sangat penting supaya air pada radiator mobil berfungsi dengan baik untuk menjaga stabilitas temperatur pada sebuah mesin mobil.

2. Rutin Membersihkan Tangki Radiator  

Hal lain yang juga sangat perlu untuk Anda perhatikan dalam merawat radiator mobil adalah rutin membersihkan tangki radiator.

Cara untuk membersihkan radiator mobil yaitu dengan mengurasnya secara berkala, minimal dua minggu sekali. 

Tujuannya supaya komponen pada radiator yang terbuat dari bahan logam akan terhindar dari korosi serta menjaga temperatur mesin mobil supaya terhindar dari overheat. 

BACA JUGA:5 Cara Cek Aki Mobil dengan Tepat dan Aman, Pengendara Harus Kuasai Ini

Coolant radiator seharusnya memiliki sifat anti-korosi, namun sering kali tidaklah cukup apalagi jika kualitas dari coolent buruk. 

3. Gunakan Coolant Radiator 

Penggunaan jenis air pada radiator juga sangatlah penting. Dibandingkan menggunakan air biasa, sebaiknya Anda memakai radiator coolant yang memang sengaja diciptakan sebagai pendingin radiator.

Selain untuk menjaga temperatur pada mesin mobil, radiator coolant juga berfungsi untuk mengangkat kotoran-kotoran dan karat yang menumpuk pada tangki radiator tersebut. 

Sebaiknya, gunakan coolant rekomendasi dari pabrikan atau bengkel yang resmi dan terpercaya untuk memastikan keamanannya. 

BACA JUGA:6 Penyebab Aki Mobil Cepat Rusak, Akibatnya Masa Pakai jadi Singkat

4. Cek Kondisi Radiator Mobil

Sebelum memakai kendaraan, Anda harus memastikan bahwa radiator sudah tertutup dengan rapat, tujuannya untuk mencegah terjadinya kebocoran pada cairan radiator coolant pada saat menahan temperatur mesin yang panas dan tiggi.

Dengan memeriksa hal-hal tersebut secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa radiator mobil dalam kondisi yang baik dan sistem pendinginan berfungsi dengan optimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: