HONDA

Satgas RAFI Pertamina Siap Menjamin Distribusi BBM Aman Selama Mudik Lebaran

Satgas RAFI Pertamina Siap Menjamin Distribusi BBM Aman Selama Mudik Lebaran

Selama mudik Lebaran, Satgas RAFI Pertamina siap menjamin distribusi BBM aman.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Untuk menjamin kelancaran distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) selama musim mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Pertamina telah membentuk Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI).

Satgas RAFI ini juga bertugas memastikan suplai LPG tetap stabil selama periode Lebaran. Keberadaan Satgas RAFI melibatkan pemerintah daerah, TNI/Polri, dan mitra terkait lainnya.

Pentingnya jaminan keamanan dalam distribusi BBM dan LPG tidak bisa diabaikan, mengingat permintaan energi masyarakat meningkat saat Ramadan dan Idul Fitri, baik untuk transportasi maupun memasak.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Pertamina, Tjahyo Nikho Indrawan, memiliki peran krusial dalam memastikan pasokan energi terjaga, terutama saat momen penting seperti Ramadan dan Idul Fitri.

BACA JUGA:Gempa di Bengkulu Selatan, Pertamina Pastikan Sarana dan Fasilitas Distribusi Energi di Bengkulu Aman

Satgas RAFI akan terus diperkuat untuk memastikan keamanan dan ketersediaan energi bagi masyarakat.

"Komitmen Pertamina untuk memenuhi kebutuhan ini sangat kuat," kata Nikho dikutip KORANRB.ID, Senin, 25 Maret 2024.

Data dari Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menunjukkan bahwa konsumsi harian BBM jenis Gasoil (Solar) di Bengkulu mencapai sekitar 308 Kilo Liter (KL) per hari, sementara konsumsi harian BBM jenis Gasoline (Bensin) sekitar 752 KL per hari.

"Nikho menegaskan kelancaran distribusi energi akan terjamin di semua wilayah," tambahnya.

BACA JUGA:Kolaborasi APH dan Pertamina, Pastikan Distribusi BBM di Bengkulu Lancar dan Aman

Meskipun terjadi gempa bumi di Bengkulu pada malam Sabtu, 23 Maret 2024, dengan kekuatan 5,6 magnitudo, Nikho memastikan tidak ada dampak yang signifikan terhadap operasional distribusi energi di wilayah tersebut.

"Sarfas Fuel Terminal dan lembaga penyalur tetap beroperasi normal, memastikan pasokan energi terus tersedia bagi masyarakat," jelas Nikho.

Pertamina juga terus memantau kondisi SPBU dan Agen LPG di Bengkulu Selatan yang terdampak gempa, sambil berkoordinasi dengan pihak keamanan dan stakeholder terkait untuk menjaga suplai BBM.

"Pertamina melakukan patroli di seluruh area Aviation Fuel Terminal (AFT) Fatmawati Soekarno dan menyiagakan sarfas serta personel pemadam untuk mengantisipasi gempa susulan," papar Nikho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: