HONDA

8 April Mendatang, Gerhana Matahari Total akan Terjadi, Simak Wilayah dan Waktunya!

8 April Mendatang, Gerhana Matahari Total akan Terjadi, Simak Wilayah dan Waktunya!

8 April Mendatang, Gerhana Matahari Total akan Terjadi, Simak Wilayah dan Waktunya!--Pixabay.com/Pixabay//

Bila dilihat dari cara tertutupnya matahari, ada 4 jenis gerhana matahari. Yakni gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari hibrida/campuran. 

Berdasarkan penjelasan NASA dalam situs resminya, gerhana matahari total akan terjadi ketika bulan melintas di antara matahari dan bumi, sehingga menutupi wajah matahari. 

Masyarakat di jalur totalitas akan mengalami gerhana matahari total, artinya langit akan menjadi gelap seperti fajar atau senja. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pekerja Interior Kapal Meninggal Dunia Usai Jatuh ke Laut

Jika situasi meungkinkan, orang-orang di sepanjang jalur gerhana total akan melihat mahkota matahari dan atmosfer luar yang biasanya tertutup oleh terangnya matahari. 

Hal ini juga tergantung dari seberapa dekat kita dengan jalur gerhana total tersebut, sehingga akan menentukan apa yang akan dilihat dan berapa lama hal itu akan berlangsung. 

Durasi gerhana total terlama yang pernah terhadi adalah 4 menit, 28 detik, di dekat Torreón, Meksiko. Sebagian besar tempat di sepanjang jalur totalitas akan melihat sinar matahari terhalang biasanya antara 3,5 atau 4 menit.

BACA JUGA:3 Resep Hidangan Khas Daerah untuk Sahur, Dijamin Lezat dan Menggugah Selera

 

Cara Melihat Gerhana Matahari Total

Wilayah yang akan segera menyaksikan peristiwa gerhana matahari total pada tanggal 8 April 2024 mendatang adalah Eropa Barat, Amerika Utara, Amerika Selatan, Samudera Pasifik, Samudera Atlantik dan Samudera Arktik. 

Kalau begini situasinya, rakyat Indonesia tidak akan dapat menyaksikan gerhana matahari ini secara langsung.

Berdasarkan penjelasan dalam laman National Park Services, satu-satunya waktu aman untuk dapat melihat matahari dengan mata telanjang adalah 2-4 menit saat gerhana matahari total. 

BACA JUGA:Kebiasaan Baik untuk Kulit Cantik, Awet Muda dan Sehat: Tips Mudah Bisa Kamu Coba!

Tepatnya saat bulan benar-benar menghalangi sinar matahari secara utuh. Saat gerhana matahari sebagian, saat peristiwa tersebut berlangsung disarankan menggunakan kacamata berfilter dengan standar ISO 12312-2:2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: