HONDA

Kucing Odd Eye Termasuk Langka, Kedua Bola Matanya Kekurangan Pigmentasi, Ini 5 Fakta Uniknya

Kucing Odd Eye Termasuk Langka, Kedua Bola Matanya Kekurangan Pigmentasi, Ini 5 Fakta Uniknya

Kucing Odd Eye Termasuk Langka, Kedua Bola Matanya Kekurangan Pigmentasi, Ini 5 Fakta Uniknya --Instagram.com/catpresso.cat//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pada umumnya kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak di gemari setelah anjing. Kucing adalah hewan peliharaan yang paling tepat untuk dipelihara di rumah.

Dari sekian banyak jenis ras kucing di dunia, salah satu kucing yang tergolong unik adalah kucing odd eye yang kedua bola matanya kekurangan pigmentasi. Yuk simak 5 fakta unik dari kucing odd eye.

Kucing odd eye merupakan salah satu jenis kucing dengan warna bola mata yang berbeda antara kanan dan kiri.  Secara umum, kebanyakan orang menganggap kucing bermata biru dan kuning itu aneh.

BACA JUGA:Wakil Ketua III DPRD Provinsi Bengkulu, Erna Sari Dewi Imbau Semua Pihak Antisipasi Bencana Musim Penghujan

Sebenarnya odd eye bukanlah nama suatu jenis kucing atau ras kucing. Melainkan hanya sebutan untuk kucing yang bola matanya berbeda. 

Penyebab perbedaan warna mata kucing sisi kanan dan kiri adalah karena kelainan genetik. Hal ini disebabkan terdapat perbedaan pada lapisan melanin mata kucing. Sehingga menyebabkan warna bola mata kucing berbeda antara mata kiri dan kanan.

Saat kucing baru lahir, dia tidak dapat melihat atau membuka matanya dengan baik. Setelah berhasil membuka matanya, kamu akan melihat mata biru kucing tersebut.

BACA JUGA:Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri Tindak Lanjuti LKPj Gubernur Bengkulu

Mata kucing akan mulai membesar seiring berjalannya waktu dan usia. Warna mata kucing berubah karena peningkatan melanin yang menghasilkan pigmen warna pada mata.

Pada kucing odd eye, kedua mata nya mengalami kekurangan pigmentasi, sehingga salah satu mata tidak lagi mengalami pigmentasi lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan dengan mata sebelahnya. 

Hal inilah yang mengubah warna mata kucing. Kelainan pigmen mata pada kucing ini disebut heterochromia iridis. Membahas mengenai fenomena ini cukup menarik. 

BACA JUGA:Bersinergi dengan KDEKS, DPRD Provinsi Bengkulu Dukung Konsep Wisata Halal di Bengkulu

Yang pasti banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan memelihara hewan ini dirumah. Secara umum kucing merupakan hewan yang manis dan penurut.

Penampilan dan tingkah laku kucing mampu menghilangkan stres yang kita rasakan. Inilah sebabnya banyak orang mulai memelihara kucing sebagai teman dirumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: