HONDA

Wow! Ini 7 Kerajaan Islam Terbesar di Dunia, Kekuasannya Sampai Eropa, Salah Satunya Kesultanan Ottoman

Wow! Ini 7 Kerajaan Islam Terbesar di Dunia, Kekuasannya Sampai Eropa, Salah Satunya Kesultanan Ottoman

Wow! Ini 7 Kerajaan Islam Terbesar di Dunia, Kekuasannya Sampai Eropa, Salah Satunya Kesultanan Ottoman--Ilustrasi/ fran sinatra/ bing image creator ai/ rakyatbengkulu.disway.id

 

1. Kekaisaran Mughal, 1516-1761 Masehi

Kekaisaran Mughal adalah kerajaan Islam yang berbentuk sebuah kekaisaran yang berdiri di India dari tahun 1526 hingga 1857. Kekaisaran ini didirikan oleh Babur, seorang keturunan Timur Tengah yang berhasil menaklukkan India Utara pada tahun 1526 setelah kemenangan dalam Pertempuran Panipat. 

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Rejang Lebong Meningkat, Sebagian Desa Sudah Ajukan Pencairan

Kekaisaran Mughal mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Kaisar Akbar, Jahangir dan Shah Jahan. Masa kejayaan ini ditandai dengan kemajuan dalam seni, arsitektur, sastra dan sistem administrasi.

Akbar dikenal sebagai salah satu kaisar paling bijaksana dan toleran dalam sejarah India. Dia memperluas wilayah kekaisaran, memperkenalkan kebijakan toleransi agama dan membangun sistem administrasi yang efisien.

Pada masa pemerintahan Shah Jahan, Kekaisaran Mughal mencapai kejayaan arsitektural dengan pembangunan Taj Mahal, sebuah monumen cinta yang terkenal di Agra. 

BACA JUGA:Begini Syarat Dukungan dan Tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Rejang Lebong

Namun, pada abad ke-18, kekaisaran mulai mengalami kemunduran karena serangan dari suku-suku Maratha, Sikh, dan Bangsa Pashtun, serta campur tangan dari negara-negara Eropa seperti Inggris dan Prancis.

Pada tahun 1857, terjadi Pemberontakan India yang dikenal sebagai Pemberontakan Sepoy, yang mengakhiri kekuasaan langsung Kekaisaran Mughal. 

Setelah pemberontakan tersebut, kekaisaran dihapuskan dan India menjadi koloni Britania. Meski kekaisaran ini telah berakhir, warisan budaya dan sejarahnya tetap hidup dalam bentuk arsitektur megah, seni dan tradisi yang masih terpelihara hingga saat ini di India.

BACA JUGA:Ramalan Shio: Tertimpa Rezeki Awal Bulan April dengan Kejutan yang Menarik!

 

2. Kekaisaran Ottoman, 1299-1922 Masehi

Kekaisaran Ottoman, juga dikenal sebagai Kekaisaran Utsmaniyah, adalah sebuah kerajaan Islam yang berdiri selama lebih dari 600 tahun, mulai dari tahun 1299 hingga 1922. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: