HONDA

Ini Dia Beberapa Suku Bangsa Asli yang Ada di Provinsi Bengkulu

Ini Dia Beberapa Suku Bangsa Asli yang Ada di Provinsi Bengkulu

Ini Dia Beberapa Suku bangsa Asli yang di Provinsi Bengkulu--Instagram.com/SekilasBengkulu

2. Suku Serawai  

Suku Serawai merupakan suku asli yang juga turut mendiami Provinsi Bengkulu, Suku Serawai ini disebut juga sebagai bagian dari Suku Besemah, Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Karena suku ini adalah kelompok sosial yang mendiami di wilayah alur Bukit Barisan sebagaimana pada umumnya Suku Besemah, selain itu suku Serawai banyak mendiami wilayah Manna dan Bintuhan kabupaten Bengkulu Selatan yang berbatasan langsung dengan Suku Besemah di Kota Pagar Alam.

BACA JUGA:5 Tradisi Unik Suku Sunda di Provinsi Jawa Barat yang Masih Dilaksanakan Hingga Sekarang

Pada kehidupan bermasyarakat sehari-hari, mereka memakai bahasa Serawai yang mempunyai tingkat kemiripan dengan dialek masyarakat Suku Besemah. 

3. Suku Lembak 

Selanjutnya ada Suku Lembak juga salah satu dari suku asli yang mendiami kawasan lembah-lembah di Provinsi Bengkulu.

Suku Lembak banyak tinggal bermukim di kawasan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, dan juga Kota Bengkulu, pada daerah kawasan Rejang Lebong suku Lembak ini dikenal dengan nama Beliti.

Sedangkan di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu mereka dikenal dengan Lembak Delapan, suku Lembak ini juga di golongkan salah satu suku yang cukup tua. 

hal ini tercatat, dulunya Suku Lembak ini memiliki sebuah kerajaan bernama Kerajaan Sungai Serut serta juga mempunyai kebudayaan sendiri, baik secara materil ataupun immaterial yang berupa adat istiadat, kesenian, bahasa, dan lainnya.

BACA JUGA:Terkenal Akan Kecantikannya! Ini Rahasia Cantik Alami Ala Wanita Suku Baduy

Pada umumnya, masyarakat Suku Lembak ini mirip dengan masyarakat Melayu akan tetapi terdapat perbedaan di dalam bahasa, dimana pada masyarakat Bengkulu kota dialeknya mengakhiri kata dengan o sedangkan pada masyarakat Suku Lembak lebih sering memakai e.

Diketahui masyarakat suku Lembak, sama seperti masyarakat Bengkulu pada umumnya yang menganut agama Islam sehingga budayanya juga dipengaruhi oleh Islam.

Akan tetapi juga terdapat pengaruh dari kebudayaan lain, dimana adat istiadat masyarakat Bengkulu dan masyarakat Lembak memiliki kesamaan dan juga perbedaan hal ini terutama di dalam upacara perkawinan dan juga tradisi lainnya.

5. Suku Enggano 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: