HONDA

Rekomendasi Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan hingga 23 Bulan, Ibu Wajib Tahu!

Rekomendasi Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan hingga 23 Bulan, Ibu Wajib Tahu!

Menu MPASI untuk anak usia 6 bulan hingga 23 bulan--Instagram/ratihjavariani

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Air susu ibu atau disebut dengan ASI memiliki kandungan luar biasa yang diciptakan oleh Tuhan untuk makanan pertama saat bayi anda lahir ke dunia ini.

Selama 2 tahun lamanya diharuskan untuk bayi tersebut mendapatkan konsumsi ASI, tidak boleh lebih dari pada itu, namun juga ada menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi 6 bulan hingga 23 bulan.

Bayi 6 bulan sangat membutuhkan makanan pendamping selain ASI sehingga dapat menunjang kebutuhan vitamin dan mineral bayi tersebut, untuk mendapatkan asupan makanan dengan pengenalan tekstur.

Pada usia emas itu, bayi dapat diberikan makanan pada waktu yang tepat, 6 bulan ini waktu yang tepat bagi bayi untuk menunjukan ketertarikannya pada makanan diluar ASI.

BACA JUGA:Disebut Maju Pilgub Bengkulu 2024, Meriani Optimis Jawab Ini

Bayi tepatnya diusia tersebut dapat dikenalkan dengan makanan yang super soft dan encer untuk mengenalkan pencernaannya juga dalam mengolah MPASI menjadi asupan vitamin lain selain ASI.

Tentunya jangan lupa kebutuhan nutrisi dari bayi tersebut harus dipenuhi dengan berbagai makanan yang kamu sajikan padanya dengan kehigienisannya, bukan hanya makanan berikut alatnya.

Peralatannya harus streril, jangan ada yang tidak higienis sehingga tidak merusak pencernaannya, selain itu pikirkan karbohidrat, protein hewani dan nabati dari makanan MPASI.

Selain itu juga harus mengandung vitamin dan mineral yang cukup, tentunya jangan lupa untuk mempertimbangkan porsi makan, usia, tekstur dan berbagai makanan yang alami diolah untuk menjadi MPASI.

BACA JUGA:Kisah Goa Putri di Batu Raja: Karena Tidak Membalas Sapaan Si Pahit Lidah, Sang Putri Menjadi Batu

Berikan jadwal yang baik untuk bayi 6 bulan hingga 23 bulan dalam disiplin makannya sehingga rutinitas tersebut dapat berangsur dilakukan dan terkendali dengan baik untuk mengajari bayi dari kecil.

Bukan hanya makan yang bisa diajarkan kepadanya, namun dapat juga menstimulasi anak dalam memasukan makanan tersebut ke mulutnya sendiri sehingga anak juga akan lebih ceria.

Jangan sekali-kali mengajarkan anak untuk makan yang bukan ditempat dia makan atau ada meja, berikut tempat duduk makannya sehingga dia bisa mengerti untuk mengalami rutinitas itu.

Biasanya porsi yang berikan lebih kecil dengan jadwal yang dapat kamu berikan secara teratur berikut cemilannya, adapun menu lengkap untuk anak MPASI dikutip dari Kemkes.go adalah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: