HONDA

Petani Wajib Tahu! Tips Membasmi Hama Tikus Sawah, Salah Satunya dengan Buah Maja

Petani Wajib Tahu! Tips Membasmi Hama Tikus Sawah, Salah Satunya dengan Buah Maja

Buah maja digunakan untuk membasmi tikus sawah--Instagram/azure.asuna

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Buah Maja merupakan salah satu media sebagai pembasmi hama tikus sawah, berikut penjelasannya mengenai buah yang terkenal dengan kepahitannya tersebut.

Tikus sawah merupakan hewan yang menjadi hama besar dalam pertanian di sawah, yang merupakan salah satu hewan pengerat dari ordo Rodentia yang dikenal dengan istilah tikus mencit.

Petani sawah biasanya kewalahan dalam menghadapi hama tikus ini karena dapat menyebabkan gagal panen atau panen berkurang dari ukuran pendapatan.

Untuk itu berikut ini cara membasmi tikus sawah, salah satunya dengan menggunakan buah Maja yang terkenal dengan rasa pahitnya.

Berikut ini tips untuk membasmi hama tikus di sawah yang dapat dilakukan oleh para petani diantaranya menggunakan buah maja.

BACA JUGA:Cegah Risiko Batu Ginjal dengan Buah Rambutan, Siapa Sangka? Ini Deretan Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Buah Maja

Buah maja memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia, selain untuk kesehatan juga untuk pertanian, diantaranya untuk membuat pupuk dan pestisida, ternyata banyak lagi kegunaannya.

Terutama untuk mengusir hama tikus sawah, petani dapat menggunakan buah ini dengan cara dicincang kemudian diletakkan di sudut-sudut tempat lewatnya tikus atau sarangnya.

Buah maja terkenal sangat pahit, ternyata dapat membasmi tikus sawah jika mereka memakannya sama dengan memakan racun alami yang tidak merusak tanaman anda bahkan dapat menyuburkan.

Karena buah maja memiliki senyawa yang dapat memberikan kesuburan pada tanaman, menjadi pupuk alami dan dapat meracuni hewan pengerat seperti tikus dan serangga.

BACA JUGA:Buah Maja Diyakini Ampuh Cegah Kanker, Ini Manfaat Lainnya untuk Kesehatan Tubuh

2. Burung Hantu

Selain dengan buah maja dapat menggunakan burung hantu sebagai predator untuk membasmi tikus, meskipun burung ini aktif di malam hari namun dengan memelihara burung ini dapat lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: