HONDA

Pestisida Nabati dari Buah Mengkudu untuk Membasmi Tikus pada Tanaman Padi, Begini Cara Buatnya

Pestisida Nabati dari Buah Mengkudu untuk Membasmi Tikus pada Tanaman Padi, Begini Cara Buatnya

Pestisida Nabati Dari Buah Mengkudu Untuk Membasmi Tikus Pada Tanaman Padi--Instagram/andi.rambe

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pestisida nabati pada buah mengkudu tidak hanya dapat bermanfaat pada saat membasmi hama ulat pada tanaman kubis saja, malah dapat membasmi tikus pada tanaman padi.

Tentunya baunya yang menyengat menjadi faktor utama dalam membasmi tikus sawah yang merupakan hewan pengerat yang dapat membahayakan tanaman padi sehingga merugikan petani dalam panen nantinya.

Tikus merupakan musuh terberat petani dalam faktor gagal panen, selain itu ada hama lain seperti wereng, burung, dan hama yang dapat merusak padi sehingga menyebabkan gagal panen.

Untuk itu perlu sekali pestisida nabati dari bahan alami yang dapat membasmi para hama tersebut sehingga dapat memudahkan petani dalam menyelamatkan butiran padi dari hama.

BACA JUGA:Pupuk Nabati dari Kulit Pisang, Begini Cara Pembuatannya

Sehingga tidak merugikan sistem pertanian karena tidak mengeluarkan biaya lagi, dari pupuk sudah memakan biaya yang besar apalagi untuk pestisida kimia yang pastinya juga akan mahal.

Dengan menggunakan produk pestisida alami yang dibuat sendiri oleh para petani akan menyelamatkan dan tidak memakan biaya yang akan memberatkan para petani untuk tanaman padinya.

Mengkudu ini menjadi alternatif pestisida yang bagus untuk pertanian dalam membasmi tikus pengerat di sawah dengan kandungan kimia xeronin, proxenin, scopoletin dan atraquinan.

Senyawa ini lah yang dapat membantu dengan juga aroma yang ditimbulkan dari buah mengkudu ini akan merusak sensor penciuman dari tikus sehingga tidak akan ingin kembali lagi ke sawah tersebut.

BACA JUGA:Wow! Daun Kelor Bermanfaat untuk Menjadi Pupuk Nabati, Hasil Panen 35 Persen

Selain pengaplikasiannya dapat bermanfaat dalam membasmi tikus pengerat, dapat juga membasmi hama lain yang tentunya aman untuk tanaman padi karena pestisida mengkudu ini dari bahan alami.

Tentunya pestisida ini tidak akan menyerap pada butiran padi sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan manusia, berikut ini cara pembuatannya dikutip dari akun instagram ngawitanimandiri:

Adapun bahan-bahan yang diperlukan 

- Buah mengkudu 1 kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: