HONDA

Wow! Daun Kelor Bermanfaat untuk Menjadi Pupuk Nabati, Hasil Panen 35 Persen

Wow! Daun Kelor Bermanfaat untuk Menjadi Pupuk Nabati, Hasil Panen 35 Persen

Hasil panen 35 persen, daun kelor ternyata dapat bermanfaat untuk menjadi pupuk nabati.--Instagram/Denpasar.viral

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Daun kelor bermanfaat untuk menjadi pupuk nabati. Hasil panen meningkat hingga 35 persen kalau menggunakan pupuk dari Daun kelor tersebut yang dinamakan Moringa Oleifera.

Konon katanya daun kelor ini berguna untuk mengusir makhluk halus atau untuk kepentingan mengusir sihir ternyata lebih dari itu kelor memiliki manfaat yang besar untuk pertanian dapat dijadikan pupuk alami.

Kandungan kimia yang terkandung dalam daun, kulit batang hingga akarnya terdapat saponin dan polifenol sedangkan untuk batangnya sendiri mengandung alkaloida, dan daunnya mengandung minyak atsiri yang bagus untuk fungisida.

Tanaman daun kelor ini sangat cocok di iklim Indonesia sehingga dari Sabang hingga Marauke tanaman ini mudah sekali dijumpai untuk ditemukan di wilayah di Indonesia yang menjadi tempat yang pas dalam ekosistemnya.

BACA JUGA:Pohon Kelor Bisa Jaga Aura Negatif, Juga Melawan Kekuatan Magis, Jadi Super Food

Namun kandungan nutrisi yang terkandung dari daun kelor ini sungguh banyak sehingga orang-orang menggunakannya sebagai sayuran saja namun belum tahu manfaat lainnya yang juga berguna dalam pertanian.

Sayangnya belum banyak yang mengembangkan tanaman ini menjadi pupuk untuk pertanian dalam hal menyuburkan tanaman berikut juga untuk merangsang pertumbuhan buah pada tanaman berbuah.

Daun kelor ini menjadi salah satu alternatif dari potensi pupuk nabati yang dapat menghasilkan panen 35 persen lebih banyak dibandingkan dengan tanaman yang biasanya sehingga ini akan sangat bermanfaat sekali untuk sistem pertanian.

Dari pada membeli pupuk dengan harga yang mahal petani Indonesia bisa menggunakan bahan alami seperti daun kelor ini untuk pupuk pertanian selain murah dan ramah lingkungan tidak akan memiliki efek samping.

BACA JUGA:Benarkah Ketindihan Saat Tidur Disebabkan Oleh Setan, Berikut Penyelasan Secara Ilmiah Berdasarkan Jurnal

Jika dikembangkan dengan pesat kita tidak akan tergantung lagi dengan pupuk kimia yang beredaran dengan menggunakan bahan alami dengan cara penempatan yang baik akan menghasilkan proses pertanian yang berkualitas.

Keungulan daun kelor sendiri meskipun berdaun kecil namun banyak sekali nutrisi yang dihasilkan oleh tanaman ini sedari dahulu sudah terkenal di dunia untuk dikonsumsi secara herbal karena manfaatnya kaya akan nutrisi.

Diketahui bahwa daun kelor tersebut mengandung vitamin A, B dan C selain itu ada zat mineral esensial yang terkandung dalam daun kecil ini dengan berisi kalium, kalsium dan zat besi berikut juga asam amino.

Selain itu tanaman daun kelor ini mengandung senyawa fenolik yang menjadi antioksidan yang kuat dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga banyak sekali keunggulan yang ada dalam bentuk kecil daun kelor ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: