BANNER KPU
HONDA

6 Amalan di Hari Jumat untuk Umat Muslim, Lakukan dari Malam hingga Shalat Jumat

6 Amalan di Hari Jumat untuk Umat Muslim, Lakukan dari Malam hingga Shalat Jumat

6 Amalan di Hari Jumat untuk Umat Muslim, Lakukan dari Malam hingga Shalat Jumat--Instagram/lazalazhar

3. Memperbanyak Sholawat

Melantunkan shalawat menjadi amalan yang baiknya dilakukan pada malam Jumat, lantaran akan memberikan persembahan istimewa untuk Rasulullah pada malam istimewa tersebut.

Dalam sabda yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi menjelaskan, "perbanyak sholawat kepada ku dimalam dan hari jumat akan dibalas oleh Allah SWT sepuluh kali lipat".

BACA JUGA:Bolehkah Mengqadha Puasa Ramadhan di Hari Jumat, Berikut Penjelasannya

4. Mandi

Jumat baik sekali untuk membersihkan diri dari semua kotoran yang membuat kita bersuci, diantaranya yakni dengan cara mandi, selain itu dianjurkan juga untuk memotong kuku, rambut dan kebersihan badan lainnya.

Dalam hadist shohih Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hiban menjelaskan, "barang siapa lelaki dan perempuan yang yang menghendaki Jumat maka mandilah, barang siapa yang tidak menghadiri Jumat maka tidak dianjurkan mandi".

Intinya mandi adalah pembersih diri dari kotoran menyebabkan kita untuk bersuci, untuk itu dianjurkan pada hari Jumat itu untuk mandi dengan begitu kita akan lebih bersih yang menjadi sebagian dari iman.

5. Berpakaian Bersih, Rapi dan Memakai Wewangian

BACA JUGA:Agama Islam Disempurnakan, Hari Mustajab Berdoa, Jumat Adam Dimasukkan ke Surga

Untuk menghadiri Jumat baiknya kaum mukmin berpakaian bersih, rapi dan memakai wewangian karena Allah SWT menyukai umatnya yang bersih dan harum untuk menghadapnya.

Dalam hadist diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Tarmidzi disebutkan, "berpakaianlah yang putih karena pakaian tersebut yang paling bersih dan suci. Dan kafani pula orang mati diantara kalian dengan pakaian putih".

Kemudian dijelaskan pula dalam hadist lainnya untuk menggunakan wewangian saat shalat Jumat dengan mandi yang bersih dan menggunakan siwak untuk menggosok gigi.

6. Bergegaslah untuk Shalat Jumat

Untuk itu dalam menjalankan shalat Jumat harus bergegas pergi ke masjid, jangan menunda-nunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: