BANNER KPU
HONDA

6 Amalan di Hari Jumat untuk Umat Muslim, Lakukan dari Malam hingga Shalat Jumat

6 Amalan di Hari Jumat untuk Umat Muslim, Lakukan dari Malam hingga Shalat Jumat

6 Amalan di Hari Jumat untuk Umat Muslim, Lakukan dari Malam hingga Shalat Jumat--Instagram/lazalazhar

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM -  Terdapat 6 amalan di hari Jumat untuk umat Muslim, lakukan dari malam hingga shalat Jumat agar mendapatkan pahalanya.

Dengan memperbanyak amalan dari malam Jumat hingga hari Jumat akan membuat lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah sehingga akan lebih baik lagi sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Berikut ini 6 amalan yang dapat dilakukan oleh umat muslim dalam menjalankan ibadah sehingga lebih afdol dan istiqomah dari malam Jumat hingga menunaikan shalat Jumat dikutip dari Nu online, antara lain:

​​​​​​​1. Berdoa dan Berdzikir

Malam Jumat merupakan malam spesial yang dapat dilakukan oleh kaum mukmin yang taat beribadah untuk dianjurkan dalam berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Kajian Islam Ustadz Adi Hidayat: Lailatul Qadar Menurut Hadist Benarkah di Malam Jumat

Malam Jumat ini waktu yang tepat dalam membacakan yasin untuk diberikan kepada keluarga yang sudah meninggal, kemudian diikuti dengan membaca dzikir dan berdoa.

Kedua amalan ini dapat dilakukan serta merta untuk mendapatkan ridho dan keberkahan dalam malam spesial yang dikhususkan oleh Allah SWT untuk mendapatkan bantuannya dalam mengabulkan doa.

Apalagi untuk mendoakan orang tua yang telah tiada menjadi sumber pahala yang baik sekali diamalkan setiap malam Jumat untuk anak-anak shalehah yang tidak akan pernah putus amal kebaikannya untuk orang tua.

2. Membaca Al Quran

Membaca Al Quran ini menjadi amalan yang dapat dilakukan pada saat malam Jumat yang spesial, dengan begitu akan memberikan kesejukan pada hati yang tenteram dalam mengamalkannya.

BACA JUGA:Onad Jalani Ibadah Jumat Agung, Habib Jafar Singgung Soal Tarawih

Terutama untuk membaca Surah Al Khafi dan Yasin menjadi amalan yang patut untuk dilakukan kepada umat mukmin yang taat akan beribadah mengamalkan semua amalan tersebut.

​​​​​​​Dalam hadist Rasulullah diriwayatkan Imam Al Hakim menyebutkan, "barangsiapa yang membaca surah Al Khafi pada hari jumat akan Allah berikan sinar cahaya di antara dua Jumat".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: