HONDA

Harga Terbaru TBS Sawit di Bengkulu Mei 2024, Ada Kenaikan Capai Rp2.570 per Kilogram

Harga Terbaru TBS Sawit di Bengkulu Mei 2024, Ada Kenaikan Capai Rp2.570 per Kilogram

Ada kenaikan capai Rp2.570 per kilogram, harga terbaru TBS sawit di Bengkulu Mei 2024.--ANTARA

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Angin segar bagi petani. Info harga terbaru Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Bengkulu Mei 2024 mengalami kenaikan. Kini harga TBS sawit mencapai Rp2.570 per kilogram.

Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama dengan Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit telah menetapkan harga pembelian TBS di tingkat pabrik.

Harga terbaru TBS sawit untuk periode Mei 2024 sebesar Rp2.570 per kilogram atau mengalami kenaikan dari harga April yang sebesar Rp2.400 per kilogram.

Dikutip antaranews.com, Sabtu, 4 Mei 2024, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Bickman, membenarkan adanya kenaikan harga pada Mei 2024.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Ini Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit yang Efektif dan Ramah Lingkungan

Kenaikan harga tersebut, diterangkan Bickman, merupakan refleksi dari peningkatan kualitas buah sawit yang dipanen para petani.

"Harga tandan buah segar kelapa sawit di Bengkulu pada periode Mei alami kenaikan Rp129 jika dibandingkan dengan harga pada April lalu," ungkapnya.

Penetapan harga TBS sawit ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 01/PERMENTAN/KH. 120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebunan dan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor: 64 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Petani Sawit Pemula Harus Tahu! Ini Dampak Positif dan Negatif Perkebunan Sawit

Bickman menerangkan, hasil dari panen TBS sawit yang telah matang sempurna menunjukkan adanya peningkatan kualitas buah.

Sehingga TBS sawit jenis ini masuk dalam kategori satu, yang berdampak positif pada kualitas yang dihasilkan saat proses pengolahan.

Faktor lain yang turut mempengaruhi kenaikan harga adalah fluktuasi harga TBS yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca, permintaan pasar global, dan kebijakan pemerintah.

"Kenaikan harga jual tersebut telah disetujui oleh perwakilan Perusahaan Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Provinsi Bengkulu," ujarnya.

BACA JUGA:Lebih Modern dan Mudah! Ketahui Cara Terbaik Meningkatkan Produktivitas Lahan Sawit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: