BANNER KPU
HONDA

Daun Tanaman Cabai Menjadi Keriting? Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

Daun Tanaman Cabai Menjadi Keriting? Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

Daun Tanaman Cabai Menjadi Keriting? Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya--Facebook/ruang organik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Daun tanaman cabai menjadi keriting merupakan hal yang biasa diidap oleh tanaman tersebut, sehingga ini menjadi penyebabnya dan berbagai solusi yang harus dilakukan.

Selain tanaman cabai ada juga tanaman lain yang terkena penyakit yang sama diantaranya tomat lada dan paprika, sehingga petani perlu tahu bagaimana cara mengatasi secara alamiah penyakit tersebut.

Hal tersebut harus cepat diatasi karena akan membuat berkembangnya penyakit lain sehingga akan merusak produksi dari tanaman cabai tersebut.

Apa saja yang menyebabkan masalah tersebut pada tanaman cabai? Diantaranya virus,dan stres masalah lingkungan yang membuat daun cabai menjadi keriting.

BACA JUGA:5 Tanaman Mengandung Pestisida Alami, Begini Cara Mengolahnya

Berkaitan dengan hama penyebab tanaman cabai daunnya keriting lantaran ada hama yang disebut dengan kutu daun, tungau, kutu kebul, thrips yang menjadi penyebab utama dari hama.

Hama-hama tersebut akan menyebabkan daun menjadi keriting sehingga mengembangkan area daun menjadi kering dan lama-lama akan terjadi kerontokan.

Daun tersebut akan melengkung dan terjadinya pengeritingan akibat dari hama yang memakan tanaman daun cabai tergantung dengan lokasi hama yang memakan tanaman cabai.

Jika disebabkan dengan virus, tanaman cabai ini ditandai dengan bintik kuning, cincin, bullseye pada daun sehingga merasa tidak nyaman secara umum, hama serangga membawa agen virus.

BACA JUGA:Pestisida Nabati dari Serai dan Bawang Putih, Begini Cara Pembuatannya

Hal tersebut akan membuat tanaman menyebarkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan makin jauh dan luas, termasuk juga ada masalah lingkungan sering terjadi pada akar tanaman cabai dengan daun keriting

Daun cabe yang keriting secara teratur muncul pada hari-hari panas, itulah yang menyebabkan tanaman cabai daunnya menjadi keriting. Selain itu herbisida terkadang bertanggung jawab atas pengeritingan daun. 

Selalu berhati-hati dimana Anda menyemprot, pastikan tidak ada angin karena produk kompos dan mulsa yang telah diperlakukan dengan herbisida juga dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman sensitif seperti cabe.

Untuk solusinya ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat pestisida nabati untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman terutama membasmi kutu kebul, yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: