BANNER KPU
HONDA

Bangga! Desa IV Suku Menanti Rejang Lebong Masuk 50 Besar ADWI

Bangga! Desa IV Suku Menanti Rejang Lebong Masuk 50 Besar ADWI

Desa IV Suku Menanti Rejang Lebong masuk 50 besar ADWI dari 6.016 desa wisata yang ada di Tanah Air.--dokumen/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Membanggakan dari 6.016 desa wisata yang ada di Tanah Air, Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.
 
Penilaian ADWI kembali menempatkan Kabupaten Rejang Lebong sebagai wakil Provinsi Bengkulu yang masuk 50 besar.
 
Setelah sebelumnya tahun 2022 lalu Desa Blitar Seberang (Belirang) sempat dikunjungi menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk melalukan penilaian.
 
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Dodi Syahdani, Selasa, 28 Mei 2024 menuturkan, masuk dalam 50 besar ADWI 2024 merupakan hal yang membanggakan bagi masyarakat Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.
 
"Tahun 2022 lalu Desa Wisata Belirang Kecamatan Sindang Kelingi, masuk 50 besar ADWI," katanya.
 
"Kembali tahun ini Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran yang masuk 50 besar, tentunya Dinas Pariwisata akan dalam menghadapi penilaian selanjutnya," terang Dodi Syahdani.
 
 
Disebutkan Dodi Syahdani, Des IV Suku Menanti agrowisata kampung Kopi Robusta, kebun Apel, jeruk gerga, destinasi pesona alam hingga penampilan karnaval keberagaman adat istiadat/etnis yang ada di desa tersebut.
 
"Persiapan sudah dimulai sejak pada Tahun 2023 lalu, saat desa itu mengikuti lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu dan mendapat juara I. Kemudian mengikuti penilaian ADWI Tahun 2024 bersama dengan desa wisata lainnya di Provinsi Bengkulu," terang Dodi Syahdani.
 
Disebutkan Dodi Syahdani, seluruh potensi wisata yang dimiliki Desa IV Suku Menanti ini semuanya sudah terintegrasi dengan BUMDes Air Lang Jaya, yaitu BUMDes miliki Desa IV Suku Menanti.
 
"Kita akan mempersiapkan untuk penilaian selanjutnya termasuk untuk kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, karena jika berkaca dari Desa Blitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi yang pada Tahun 2022 lalu masuk 50 besar dikunjungi langsung oleh Menparekraf,namun kita menunggu informasi Kemenparekraf," papar Dodi Syahdani.
 
 
Sementara itu, Kepala Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran Jumari mengatakan merasa bangga atas pencapaian desanya masuk 50 besar ADWI 2024.
 
"Membanggakan, pencapaian ini juga tidak luput dari persan serta Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, warga Desa IV Suku Menanti yang sangat antusias dan mendukung desa kita menjadi desa wisata yang akan dikenal di Indonesia, seperti halnya Desa Belirang Kecamatan Sindang Kelingi," ujar Jumari.
 
Sedangkan untuk persiapan, setiap tahunnya karnaval keberagaman adat budaya selalu digelar saat hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia.
 
Sehingga masyarakat tidak kaget lagi dan memang inspirasi dari masyarakat dari 6 dusun yang ada di Desa IV Suku Menanti.
 
"Karnaval ini adalah salah satu unggulan yang akan ditampilkan, selain perkampungan kopi, jeruk gerga hingga kebun apel yang satu-satunya yang ada di Sumatera," katanya.
 
"Kami masyarakat Desa IV Suku Menanti berharap Menparekraf dapat hadir melakukan penilaian 30 besar hingga 10 besar ADWI 2024," ujar Jumari.
 
 
Di bagian lain, Camat Sindang Dataran Anton Sefrizal mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong khususnya Dinas Pariwisata mempersilakan penilaian selanjutnya.
 
Bahkan mempersiapkan untuk kunjungan tim penilaian dari Kemenparekraf Republik Indonesia.
 
"Pencapaian ini, sangat membanggakan masyarakat Desa IV Suku Menanti karena selain sudah disiapkan sejak lama Desa Wisata merupakan sebuah kebanggaan untuk dikenal seluruh Indonesia," katanya.
 
"Untuk persiapan kita akan terus berkoordinasi Dinas Pariwisata dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong," pungkas Anton Sefrizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: