BANNER KPU
HONDA

Klaten Resmi Miliki Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Jawa Dwipa, Kampus Hindu Pertama di Pulau Jawa

Klaten Resmi Miliki Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Jawa Dwipa, Kampus Hindu Pertama di Pulau Jawa

Kampus Hindu pertama di Pulau Jawa ada di Klaten yang kini resmi miliki Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Jawa Dwipa.--Kemenag.go.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Melansir lama resmi kemenag.go.id, Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten resmi beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Jawa Dwipa.

Adapun peralihan status untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri ini sudah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia (Permenag RI) Nomor 6 Tahun 2024 pada tanggal 13 Mei 2024 oleh Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas.

Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Jawa Dwipa Klaten Provinsi Jawa Tengah ini juga sudah mendapat persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sesuai dengan surat Nomor Β/276/Μ.ΚΤ.01/2024, mengenai Usulan Penegerian Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten tersebut.

Disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Dirjen Bimas Hindu) Prof. I Nengah Duija, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama kepada Menteri Agama, MenPAN-RB dan dari Kemenkumham atas terselenggaranya peralihan dan penetapan status STHD Klaten menjadi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri.

BACA JUGA:20 Raja Telah Berkuasa di Kerajaan Kutai, Merupakan Kerajaan Hindu Tertua di Nusantara

BACA JUGA:Tips Menurut Hindu, Atasi Rasa Malas dengan Cara di Bawah Ini! Yuk Simak

"Ini merupakan hasil dari perjuangan yang panjang dan menjadi deretan prestasi baru untuk umat Hindu, khususnya dalam bidang pendidikan," ungkap Prof. Duija.

Diketahui peralihan status ini diusulkan sejak tahun 2012 lalu, pada saat itu upaya penegerian STHD Klaten ini sempat mengalami berbagai tantangan.

"Akan tetapi berkat komitmen bersama, pada saat ini kami sudah mampu mendirikan kampus Hindu negeri di Klaten Jawa Tengah," ujarnya.

Adapun hal ini menjadi sarana umat Hindu untuk meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan tinggi keagamaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, pengembangan seni di dalam rumpun ilmu agama Hindu.

BACA JUGA:Tips dan Cara Memilih Tas Sekolah untuk Anak SMP dan SMA, Ada Hal Penting yang Wajib Diperhatikan!

BACA JUGA:Jangan Salah! Berikut Ini Tips dan Cara Memilih Sepatu Sekolah yang Tepat dan Sesuai untuk Anak

Selain itu, Prof. Duija juga berharap dengan adanya penegerian kampus Hindu di Klaten ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas umat Hindu di seluruh Indonesia dan bisa berkontribusi untuk bangsa terutama dalam hal pendidikan. 

Tidak hanya Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Jawa Dwipa saja, melansir situs Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI terdapat 4 Perguruan Tinggi Agama Hindu Negeri (PTAHN) lainnya yang ada di Indonesia yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: