HONDA

20 Raja Telah Berkuasa di Kerajaan Kutai, Merupakan Kerajaan Hindu Tertua di Nusantara

20 Raja Telah Berkuasa di Kerajaan Kutai, Merupakan Kerajaan Hindu Tertua di Nusantara

Merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara, 20 raja telah berkuasa di Kerajaan Kutai. --Foto: Facebook/Galihsedayu

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kerajaan Kutai berdiri pada sekitar abad 4 masehi, yang merupakan  kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang letaknya di daerah Muara Kaman yang berada di hulu sungai Mahakam Kalimantan Timur.

Kerajaan Kutai ini mendapat pengaruh dari budaya India karena adanya pendatang dari India ke Nusantara pada saat itu yang juga membawa dan menyebarkan kebudayaan mereka.

Kerajaan Kutai mempunyai pengaruh serta peran penting dari lahirnya kerajaan lain di Nusantara. Kerajaan kutai berhubungan dagang baik dengan India.

Walaupun Kerajaan Kutai bukan berada di jalur perdagangan dan dari kerajaan inilah diketahui awal penyebaran ajaran Hindu.

BACA JUGA:Ternyata, Banjir Jakarta Telah Terjadi Sejak dari Zaman Kerajaan Tarumanegara

Mulanya Kerajaan Kutai merupakan sekelompok masyarakat yang berbentuk suku, karena pengaruh kedatangan ajaran Hindu maka terjadi perubahan di sistem pemerintahannya.

Adapun bukti yang menunjukkan pengaruh India pada kelompok ini ialah Prasasti atau Yupa yang diketahui dibuat pada abad ke-5 dan raja yang pertama memimpin Kerajaan Kutai Kudungga.

Raja Kudungga ini merupakan warga Indonesia asli yang belum memeluk ajaran Hindu.

Pada penemuan 7 Yupa atau Prasasti ini bisa dilihat kalau Kerajaan Kutai ini mempunyai hubungan dagang dengan India.

BACA JUGA:Runtuhnya Kerajaan Champa, Pengaruh Ajaran Islam dan Keturunan Champa yang Tersebar di Nusantara

Yupa atau prasasti ini merupakan monumen batu yang memakai bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa. Berdasarkan Yupa para Ahli Mitologi mendapatkan informasi tentang Kerajaan Kutai ini.

Yupa ini mempunyai 3 fungsi Utama antara lain sebagai Prasasti, Tiang pengikat Hewan untuk upacara keagamaan serta menjadi lambang kebesaran Raja.

Bahasa Sanskerta yang terdapat pada Yupa ialah bahasa klasik india yang merupakan bahasa Liturgis didalam kepercayaan Hindu, Budha serta Jainisme.

Di dalam Yupa ini juga terdapat informasi mengenai raja-raja dari kerajaan Kutai ini, dari pendirinya Raja Kudungga yang merupakan asli Indonesia karena namanya belum ada pengaruh dengan penggunaan bahasa India. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: